Catatan Kriminal Awal 2020, Forum Pedagang Kaki Lima Kota Cirebon: Wajar Kalau Masyarakat Merasa Khawatir

44
Ketua Forum Pedagang Kaki Lima (FPKL) Kota Cirebon, Erlinus Tahar. (Dede/pojokjabar)

RAKYATCIREBON.ID-Catatan kriminal di awal tahun 2020, yang terjadi di Kota Cirebon, menjadi perhatian masyarakat. Salah satunya, video viral pedagang roti bakar yang menjadi korban perampasan dengan pengancaman.

Menanggapi catatan kriminal tersebut, Ketua Forum Pedagang Kaki Lima (FPKL) Kota Cirebon, Erlinus Tahar mengatakan wajar kalau masyarakat merasa khawatir akan keamanan saat diluar rumah, sebab tindak tawuran yang berakibat jatuh korban jiwa, perampasan terhadap pedagang yang sempat viral di media sosial, nyata adanya.

“Kejadian tersebut nyata adanya, wajar kalau masyarakat merasa khawatir, akan keamanan diri sendiri,” tutur Erlinus Senin (13/1/2020)

Erlinus melanjutkan bila kepolisian mengklaim keamanan Kota Cirebon, dasarnya harus jelas. Karena masyarakat melihat fakta yang terjadi.

“Situasi aman itu indikatornya apa? Karena masyarakat melihat fakta – fakta yang terjadi dilapangan,” sambungnya.

Erlinus menambahkan yang perlu dilakukan pihak kepolisian sebagai penangung jawab keamanan, harus ada langkah – langkah kongkrit untuk mengatasi semua serta pencegahan agar tidak terjadi lagi.

“Pihak kepolisian harus bisa menjelaskan ke masyarakat, langka apa yang sudah diambil, tindak pencegahan apa yang sudah dilakukan dan itu harus dijelaskan ke masyarakat, nantinya akan muncul kepercayaan masyarakat, bahwa aman atau tidak,” jelas Erlinus.

Selain kegiatan rutin, lanjut Erlinus, harus ada langkah – langkah yang sifatnya antisipasi yang masyarakat harus tahu dan itu tidak bisa diabaikan.

“Peristiwa tersebut tidak bisa diabaikan, dan apapun yang sudah dilakukan pihak kepolisian harus dijelaskan ke masyarakat,” ujarnya. (pojokjabar)

BAGIKAN