Cawagub Uu: Bantu Cari Solusi Masalah Masyarakat, Kyai Jangan Anti Politik

114
MENGAJAK. Cawagub Jabar Uu Ruzhanul Ullum mengajak agar para kyai tidak anti politik. Sebab, politik bisa menjadi sarana dan solusi mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat. FOTO: ISTIMEWA/RAKYAT CIREBON

CALON Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ullum mengajak agar para  kyai tidak anti politik. Sebab, politik bisa menjadi sarana dan solusi mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat.

Ajakan itu diungkapkan Uu ketika berceramah di Tabligh Akbar memperingati Isra Miraj dan menyongsong bulan suci Ramadan 1439 H yang digelar Himpunan Alumni Miftahul Huda (Hamida) Cianjur di Lapangan Sepak Bola Bojong, Kabupaten Cianjur, Kamis (26/4).

Menurut Bupati Tasikmalaya 2 periode itu, saat ini banyak  kyai yang lebih  fokus mengurusi pesantren saja, padahal kyai juga bisa ikut terlibat dalam memecahkan bermacam masalah sosial di luar pesantren.

Karena itu, Uu berharap, para kyai melek dan terjun ke dunia politik. Khususnya, peran aktif para kyai  yang tergabung dalam Hamida untuk menjalin Ukhuwah, berbaur dengan seluruh lapisan masyarakat.

“Tidak hanya cukup memberikan ilmu agama, tapi juga harus bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat,” tukasnya.

Uu mencontohkan, Rasulullah tidak hanya berperan sebagai  pemimpin agama, tapi juga pemimpin negara yang hebat. Islam bisa berkembang pesat berkat kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. “Kita perlu meneladani kiprah Rasulullah dalam melayani rakyat,” ujarnya.

Pada acara itu, Kang Uu juga meminta doa dari para kyai agar bisa memimpin Jabar dengan penuh amanah bersama Ridwan Kamil, calon Gubernur Jabar.

“Saya mohon doa restu dari para kyai. Ini bukan keinginan pribadi, tapi dorongan umat. Dan doa merupakan senjata utama umat Islam,” ujar cucu KH. Choer Affandi, pendiri Ponpes Miftahul Huda ini. (vic)

BAGIKAN