Desa Mirat Ciptakan Entrepreneur Baru

56
Pelatihan Packing dan Marketing BUMDesa Eka Cita Sejahtera/RMOLJabar

RAKYATCIREBON.ID-Pemerintahan Desa Mirat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Eka Cita Sejahtera menyelenggarakan Pelatihan Packing dan Marketing yang bertempat di Kantor Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka,  Senin (25/11).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih para Staff Unit Usaha BUMDes, Pelaku Usaha Rumahan, Usaha Ibu Rumah Tangga, dan Penjual Online yang diikuti 30 Peserta masing masing perwakilan 1 Rukun Tetangga 1 Orang supaya mampu meningkatkan keterampilannya dalam mengemas produk hasil usahanya.

Pelatihan ini mengambil tema Packaging and Marketing is your Smart Enterpreneur” yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pelaku usaha bahwa memilih kemasan untuk sebuah produk menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan penjualan. Dengan kemasan yang menarik dan tetap sesuai untuk produk akan menambah value tesendiri.

Aris Prayuda Direktur Operasional BUMDesa Eka Cita Sejahtera Desa Mirat mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat guna mengemas sebuah produk yang menarik dan daya jual tinggi serta strategi pemasaran produk supaya bisa menembus pasar nasional.

” Kita menggelar kegiatan pelatihan ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya sebuah kemasan produk yang menarik serta strategi pemasarannya, sehingga mampu menembus pasar nasional,” katanya.

Menurut Aris, para pelaku usaha yang sudah bekerjasama dengan BUMDesa akan dibantu pengemasan dan pemasarannya sehingga dapat laku keras dipasaran baik tradisional maupun pasar modern.

“Kami menawarkan ke pelaku usaha lokal di Desa Mirat untuk mau menjual produknya ke BUMDesa kemudian dikemas oleh kami. InsyaAllah Minimarket sedang kami tata ulang ruangannya sehingga masyarakat lebih memilih belanja di Bumdes dengan produk lokal tapi bernuansa modern,” tambahnya.

Sementara itu, Amat Kepala Desa Mirat menuturkan pihaknya mengapresiasi kepada pengurus BUMDesa yang sudah menyelenggarakan pelatihan dengan mengundang para pelaku usaha online dan Offline untuk diberikan pemahaman tentang cara pengemasan yang berdaya jual tinggi dan cara memasarkan produk di era digital.

” Saya selaku kepala desa sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini,  sehingga mampu memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada masyarakat tentang bagaimana berjualan di era digital saat ini,” ungkap Amat.

Dia juga berharap kedepannya  para pelaku usaha di Desa Mirat yang memproduksi makanan dan minuman khas bisa dijual melalui BUMDesa.  Dengan Demikian, Amat berharap para pelaku usaha dan  BUMDesa bisa sama-sama maju.

Adapun kegiatan Pelatihan Packing  kemasan dan Pemasaran diisi oleh Narasumber dari kalangan Profesional yaitu Hadiyan Nur Saputra Ceo Founder Kios Agro, Heru Wibowo Suprapto Marketing Kios Agro dan Muhammad Solah Ceo  Marketplace Agro Tani. (rmol)

BAGIKAN