Diganjar Penghargaan oleh Presiden

Diganjar Penghargaan oleh Presiden

CIREBON – Upaya keras Pemerintah Kota Cirebon sejak beberapa tahun lalu untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya, mulai membuahkan hasil. Hal itu terbukti dengan diraihnya penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS Award langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rabu (23/5) kemarin.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Pj Walikota Cirebon, Dr H Dedi Taufik MSi, di Istana Negara, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. “Penghargaan ini merupakan hasil kerja sama dan gotong royong semua pihak,” ungkap Dedi.

Ke depannya Dedi berharap kesehatan warga Kota Cirebon semakin membaik. Sehingga rumah sakit bisa kosong, yang berarti semua warga Kota Cirebon dalam kondisi sehat.

Penghargaan UHC JKN KIS didapatkan dikarenakan Kota Cirebon telah meng-cover masyarakatnya hingga mencapai lebih dari 99 persen menggunakan JKN-KIS. Untuk wilayah Jawa Barat, yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Sukabumi dan Kota Bandung.

Penghargaan ini pertama kalinya diraih Kota Cirebon selama pelaksanaan program pemerintah pusat dalam menyelenggarakan JKN-KIS dalam mengcover kesehatan masyarakatnya.

Adapun total penduduk Kota Cirebon yang sudah memiliki JKN sebanyak 322.349 jiwa. Terdiri dari berbagai segmen, yaitu Penerima Bantuan Iuran (PBI) atau yang dibayarkan pemerintah, Pekerja Penerima Upah (PPU) dimana di dalamnya terdapat PNS, TNI, Polri, pegawai swasta dan lainnya. Serta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), yiatu peserta mandiri yang daftar dan membayar sendiri iuran setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!