Digital Marketing Bukan Jualan Online

Fokus pada Pengembangan Aset, Bukan Lagi Mengejar Omzet

102
Ungkap Data
UNGKAP DATA. CEO Bilionaire Coach, Dewa Eka Prayoga mengungkap potensi digital marketing dalam pengembangan usaha pelaku UMKM di Cirebon. Pelaku UMKM saatnya fokus pada pengembangan aset, bukan lagi mengejar omzet.

CIREBON – CEO Bilionaire Coach, Dewa Eka Prayoga mengungkapkan sulitnya penerapan digital marketing bagi pelaku usaha  mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal itu disampaikan Dewa dalam Temu Responden BI Cirebon, Senin (23/4).

Menurut Dewa, digital marketing berbeda dengan jualan online. Digital marketing mengutamakan strategi penjualan melalui tekhnologi. “Prosesnya cenderung rumit, butuh tim  yang kuat,” ungkap dewa kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Ia menjelaskan, sebagian besar UMKM menganggap jualan online sama dengan marketing digital. Asal sudah promosikan produk melalui online dikira sudah digital marketing. Padahal, bukan. “Digital marketing itu by data, sistem yang bekerja,” kata dia.

Sulitnya penerapan digital marketing bagi pelaku UMKM lantaran beberapa sebab. Pelaku UMKM cenderung belum memahami digital marketing, dianggap terlalu rumit, serta butuh biaya lumayan besar.