Dilarang Bawa HP ke Bilik Suara!

Dilarang Bawa HP ke Bilik Suara!

Lebih lanjut dijelaskan Johar, bagi pihak yang terbukti melanggar ketentuan tersebut, misalnya memberitahukan pilihannya saat di bilik suara kepada pihak tertentu, bisa dikenakan sanksi sesuai UU Nomor 10/2016 tentang Pilkada.

“Hal ini diatur dalam Pasal 187 a ayat (1) dengan ancaman pidana minimal satu tahun dan maksimal dua tahun, serta denda minimal Rp12 juta dan maksimal Rp36 juta,” jelasnya.

Oleh karena itu, Panwaslu berencana melayangkan surat ke KPU Kota Cirebon agar bisa menyampaikan larangan membawa ponsel atau alat rekam gambar lainnya kepada KPPS di 579 TPS se-Kota Cirebon. Sehingga KPPS bisa menyampaikan kepada pemilih untuk menaati ketentuan tersebut saat hendak masuk ke bilik suara. “Teknisnya nanti oleh KPU dan jajarannya,” kata Johar.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani SE Ak mengaku, pihaknya akan menyampaikan mengenai larangan tersebut kepada KPPS pada kesempatan bimbingan teknis (bimtek) hari ini. “Akan kita sampaikan pada saat bimtek KPPS besok (hari ini, red). Karena saat Pilkada 2013 dan Pemilu 2014 juga kita sudah sosialisasikan,” katanya. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!