Dinkes: 5 Desa di Kuningan dengan Penderita Penyakit Gondok Paling Banyak

40
Foto: Humas Pemkab Kunungan

RAKYATCIREBON.ID-Kesenjangan sosial atau kemiskinan selalu menjadi permasalahan setiap daerah di wilayah Kecamatan dan Desa terutama di daerah terpencil. Hal tersebut perlu mendapat perhatian, karena saat ini banyak sekali masalah dalam bidang kesehatan yang ada di tengah masyarakat Kuningan. Salahsatunya adalah masih terdapat masyarakat kuningan yang terkena penyakit gondok.

Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama saat menghadiri Kegiatan Bhakti Sosial Sosialiasasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Gondok, Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, di Aula Desa Jamberama Kecamatan Selajambe, Senin (16/12/2019).

Penyakit gondok merupakan salahsatu jenis penyakit yang sering ditemui, penyebabnya sering dikaitkan oleh kekurangan zat yodium. Penyakit gondok sendiri merupakan pembesaran kelenjar tiroid secara abnormal.
“Penderita gondok tidak merasakan nyeri pada sekitar tiroidnya. Namun, tiroid yang makin membesar akan menyebabkan penderitanya sulit menelan, bernafas, hingga batuk. Dalam dunia medis, penyakit  gondok lebih sering di idap oleh wanita dibanding pria. Penyakit gondok sebenarnya dapat dikendalikan dengan mengetahui penyebab, gejala dan penyembuhannya,”papar Ika.

Di Kabupaten Kuningan sendiri menurut data Tahun 2019 yang diperoleh dari Dinas Kesehatan terdapat 5 Desa yang kasus penderitanya paling banyak, yaitu Desa Jamberama Kecamatan Selajambe, Desa Cirahayu Kecamatan Luragung, Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana, Desa Maleber Kecamatan Maleber dan Desa Darma Kecamatan Darma.

“Sehubungan hal tersebut, LKKS berusaha untuk membantu dengan mengadakan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyakit gondok. Karena masalah ini tentunya bukan masalah yang hanya diperhatikan oleh Pemerintah saja. Kita juga sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam bidang kesejahteraan sosial perlu untuk berpartisipasi dan berkontribusi,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, H. Raji beserta jajarannya, Camat Selajambe, jajaran pengurus LKKS Kabupaten Kuningan dan ratusan masyarakat Kecamatan Selajambe yang mengikuti sosialisasi dan pemeriksaan.

“Selaku Ketua LKKS Kabupaten Kuningan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, UPTD Puskesmas setempat. Semoga kerjasama denganLKKS dilanjutkan dalam mengatasi masalah kesehatan di masyarakat Kavupaten Kuningan. Serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Kuningan yang sangat berempati dan peduli dengan masyarakatnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan kegiatan pemberian susu dari Danone untuk 120 anak per wilayah yang dijadikan lokasi bhakti sosial. (*)

BAGIKAN