Dirjen Hubdat Kemenhub Beri Bantuan PJU

186
Peletakan Batu Pertama
SIMBOLIS. Dirjen Hubdat Kemenhub bersama Anggota DPR RI meletakkan batu pertama peningkatan infrastruktur jalan jelang mudik 2018, kemarin.

SUMBER – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementrian Pehubungan (Kemenhub) memberikan perhatian khusus pada kondisi jalur pantai utara (pantura). Termasuk fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalur nasional yang dirasa masih kurang menjelang masa mudik 2018 mendatang.

Ditjen Perhubungan Darat sendiri bergerak cepat dengan memasang fasilitas PJU di sejumlah titik. Pemasangan fasilitas PJU itu secara seremonial dilakukan di Kabupaten Cirebon, tepatnya di Kecamatan Kapetakan.

“Pemasangan PJU ini secara serentak dilakukan di Jawa Barat. Di Cirebon ada tiga wilayah, yakni Kecamatan Kapetakan, Losari, dan Astana Japura. Kita pasang sekarang alasannya karena menjelang masa mudik lebaran,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Irjen Pol Budi Setiyadi usai kegiatan, Sabtu (28/4).

Budi menyebutkan pemasangan fasilitas PJU di Cirebon dilakukan di 68 titik. Namun, Budi tak menyebutkan secara detail anggaran mengenai proyek penerangan jalan itu. “Di Cirebon intinya ada 68 titik. Kalau anggarannya secara nasional itu sekitar Rp 600 miliar,” katanya.

Budi juga mengatakan selain bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan, pemasangan PJU juga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Budi menerangkan setiap proyek pemasangan PJU di beberapa daerah selalu melibatkan tenaha kerja lokal.