DKM dan Ulama Diajak Waspadai Bahaya Terorisme

528
KONDUSIVITAS.
KONDUSIVITAS. Unsur Muspika Jatibarang gelar silaturahmi sikapi ancaman bahaya radikalisme dan terorisme.

JATIBARANG – Unsur Muspika Kecamatan Jatibarang mengajak para pengurus DKM dan ulama untuk mewaspadai ancaman bahaya terorisme. Bahkan untuk lebih mengintensifkan sinergitas berbagai elemen tersebut, diagendakan silaturahmi rutin disertai pengajian setiap bulannya.

Hal itu terungkap dalam silaturahmi pada Rabu (25/7) malam di kantor kecamatan setempat. Hadir para pengurus DKM dan ulama dari 15 desa. Juga Ketua MUI Kecamatan Jatibarang, Kyai Maykuri.

Camat Jatibarang, Indra Mulyana AP MSi menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut untuk menjaga sekaligus meningkatkan kondusivitas. Dinilainya perlu untuk menyamakan persepsi pasca terjadinya aksi teror beberapa waktu lalu. Baik di wilayah Kecamatan Jatibarang maupun Kabupaten Indramayu. “Menangkal potensi ancaman bahaya aksi teror dibutuhkan andil semua pihak. Maka dari itu kami mohon dukungan dan partisipasi untuk meningkatkan kewaspadaan bahaya terorisme,” ujarnya.

Diimbaunya, para pengurus DKM dan ulama harus menyampaikan disetiap kegiatan keagamaan tentang bahaya paham radikal dan aksi terorisme. “Sampaikan pemahaman kepada masyarakat dalam setiap kesempatan. Kemudian segera laporkan apabila ada hal yang mencurigakan,” pintanya.

Dalam silaturahmi itu, Kapolsek Jatibarang Kompol Wawan Suhendar menyatakan, bahwa keamanan dan ketertiban menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga dibutuhkan sinergitas dan kesamaan persepsi. “Apabila ada orang asing maupun pribumi yang sikap atau tindakannya mencurigakan secepatnya laporkan. Jangan canggung hubungi saya langsung. Nanti segera ditindaklanjuti, apalagi di wilayah kita sudah terjadi aksi teror,” tegas dia diamini Danramil 1604, Kapten Inf Taryono.

Atas kesepakatan bersama, dalam rangka menjaga silaturahmi dan meningkatkan sinergitas, diagendakan untuk mengadakan silaturahmi disertai pengajian rutin setiap bulan di tanggal 17. (tar)