DPUPESDM Berbagi Kurban Pada Warga Sekitar

Yoyon Ajak PNS untuk Tanamkan  Jiwa berbagi

DINAS Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) Kota Cirebon melakukan kurban satu ekor sapi, Jumat (25/9). Kegiatan berkurban ini selalu dilakukan DPUPESDM setiap idul adha. Kepala DPUPESDM Ir H Yoyon Indrayana MT mengatakan, melalui berkurban dirinya berharap ada banyak teladan yang bisa diterapkan oleh PNS di lingkungan DPUPESDM.

berbagi hewan kurban cirebon
DPUESDM berkurban satu ekor sapi. Foto  : Dicki Priyansa/Rakyat Cirebon

“Terutama menanamkan jiwa berbagi terhadap sesama, berharap seluruh PNS disini bisa menerapkannnya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan kantor maupun di rumah mereka,” ujarnya pada Rakyat Cirebon. Menurutnya, masyarakat kurang mampu di sekitar kantor DPUPESDM pun harus mendapatkan bagian hak dari berkurban sehingga memilih satu ekor sapi dipotong di kantornya untuk berbagi dengan masyarakat sekitar.

Sementara untuk tiga ekor kambing diserahkan ke Pemerintah Kota Cirebon untuk dikelola pembagian daging kurbannya.“Nanti oleh Pemkot dibagikan ke tiap RW, dua ekor kambing diserahkan ke Kelurahan Argasunya dan satu ekor kambing ke Kelurahan Kejaksan. Pembagian dagingnya kami serahkan ke Pemkot supaya terkelola dengan baik,” paparnya. Yoyon berharap, tahun depan kantor ini bisa kembali berkurban dengan jumlah hewan kurban yang lebih meningkat lagi.

“Dengan harapan kami pun ingin berbagi lebih banyak lagi terhadap sesama maka kamipun berharap di tahun depan kami bisa berkurban lebih banyak lagi,” tuturnya.Sementara itu, Sekretaris DPUPESDM H Agung Prabowo mengatakan, Hari Idul Adha memiliki makna dimana semangat dan jiwa berkorban harus tetap ada pada setiap umat muslim. “Idul kurban juga dimaknai sebagai momentum saling berbagi,” katanya.

Ditambahkan, pengorbanan tersebut sejalan dengan yang dicontohkan Nabi Ibrahim ketika menghancurkan paham Paganisme atau paham penyembah berhala, sehingga ia berharap Idul Adha menjadi motivasi diri agar lebih maju.
“Bukan dilihat dari banyak atau sedikitnya berkurban, namun bagaimana arti keihlasan untuk saling berbagi, untuk itu mari kita renungan sejenak untuk memotivasi diri kita menjadi lebih baik dan lebih baik lagi,” paparnya.  Sementara itu, ketua panitia kurban DPUPESDM Khaerul Bahtiar mengatakan, pembagian daging kurban dari satu ekor sapi yang dipotong di kantor berjalan dengan lancar.

“Kami bagikan kepada masyarakat sekitar setelah sebelumnya didata terlebih dahulu, sehingga pembagian daging relatif lancar tanpa harus antre apalagi berdesakan,” pungkasnya. (dic/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!