Dua Bantuan Rutilahu Kembali Disalurkan, Wakil Walikota: Program Baznas Bantu Pemkot Jalankan Tugas

Dua Bantuan Rutilahu Kembali Disalurkan, Wakil Walikota: Program Baznas Bantu Pemkot Jalankan Tugas

RAKYATCIREBON.ID-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon kembali melakukan penyaluran zakat kepada para asnaf yang.berhak menerimanya.

Selasa (17/11) kemarin, Baznas menyerahkan bantuan berupa program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) kepada dua penerima, masing-masing penerima adalah warga RT 02 RW 08 Kesunean Tengah Kelurahan Kesepuhan serta warga di RT 03 RW 10 Jagasatru Selatan Kelurahan Jagasatru.


Penyerahan bantuan rutilahu kemarin juga turut dihadiri oleh Wakil Walikota Cirebon, Hja Eti Herawati serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Cirebon, Sutisna.


“Hari ini kita sampaikan bantuan Rutilahu di dua tempat, tetapi launching di Kelurahan Kasepuhan, kedua di kelurahan Jagasatru. Program Rutilahu ini merupakannprogram kita untuk membantu mereka yang kondisi rumahnya memang tidak layak huni,” demikian disampaikan Ketua Baznas Kota Cirebon, M Taufik S Ag usai penyerahan kemarin.


Penyaluran dana zakat dalam bentuk dua program rutilahu kemarin, dijelaskan Taufik, adalah anggaran terakhir yang dialokasikan di tahun 2020 sebelum tutup buku.


Namun demikian, kedepan masih banyak program yang akan dilaksanakan masih dalam rangka pendistribusian dana zakat yang dikumpulkan dan dikelola oleh Baznas Kota Cirebon.


“Ini anggaran terakhir di tahun 2020, ajuan yang masuk masih banyak, sampai 20 rumah, hanya kita bantu beberapa yang sudah melalui assesment,” jelas Taufik.


Untuk tahun-tahun selanjutnya, ia mengharapkan partisipasi masyarakat dalam hal pengumpulan zakat infak dan shadaqah, yang sudah rutin agar dipertahankan dan ditingkatkan, serta yang belum agar segera diberikan hidayah, terutama para ASN yang dari sisi potensi zakat profesinya sangat besar.


“Mudah-mudahan kedepan ada peningkatan, terutama di sektor zakat profesi ASN yang masih di angka 30 persen, kedepan diharapkan mencapai angka 60 persen, sehingga bukan hanya program rutilahu, tetapi Baznas bisa melakukan bedah rumah,” kata Taufik.


Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Hja Eti Herawati mengapresiasi Baznas yang kembali menghadirkan solusi bagi persoalan sosial yang ada di Kota Cirebon.


Melalui program rutilahu yang dihadirkan Baznas, kata Eti, sedikitnya sudah membantu Pemerintah Kota Cirebon dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat.


“Lagi-lagi Baznas hadir memberikan bantuan kepada masyarakat di Kota Cirebon, tentu ini sangat kami apresiasi, karena dengan adanya Baznas, Pemkot sangat terbantu dalam menjalankan tugas-tugasnya,” ungkap Eti. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!