Dukung Cirebon Timur, Sofi Shofiyullah: Sudah Waktunya Dilakukan Pemekaran

Dukung Cirebon Timur, Sofi Shofiyullah: Sudah Waktunya Dilakukan Pemekaran

RAKYATCIREBON.ID-Pemekaran Cirebon mendapat dukungan. Tidak hanya disuarakan pegiat Komite Pemekaran Cirebon Timur (KPCT), namun juga mendapat support Tokoh Muda Cirebon Timur, Sofi Sofiyuloh.

Menurutnya, Cirebon Timur sudah layak untuk memisahkan diri dari induknya. Faktor pendukungnya sudah terpenuhi. “Dilihat dari sumber dayanya, potensial. Baik SDA maupun SDM nya,” ujar Sofi, kepada Rakyat Cirebon, Kamis (22/10).

Pria yang sekaligus merupakan kader PKB itu memaparkan ketika potensi tersebut bisa dimaksimalkan, menjadi keuntungan. Saat ini, wilayah Kabupaten Cirebon terlampau luas, belum dimaksimalkan. Dampaknya, wilayah Timur yang potensial pun, terbengkalai.

“Kita memiliki garis pantai yang panjang. Wilayah agrarisnya pun potensial. Tentu menjadi pendukung yang kuat untuk peningkatan ekonomi masyarakatnya,” imbuhnya.

Ditambah, wacana zona industri yang akan dikembangkan di WTC. Namun, ketika tidak diimbangi dengan peningkatan SDM, percuma saja. Ujungnya, SDM yang ada tidak akan terserap. Persoalan itu lantaran selama ini belum maksimalnya pelayanan yang diberikan pemerintah Kabupaten. Maka wajar, gerakan pemekaran terus disuarakan.

Padahal, ketika Pemkab bisa bersinergi dengan pemerintah pusat, programnya bisa ditarik ke daerah untuk peningkatan SDM. Misal salah satunya dengan Kementrian Tenaga Kerja (Kemnaker). Karena kata dia, basis-basis untuk memberikan bantuan, ada di Kemnaker. Tapi, semua itu, tidak dilakukan.

“Saya yang duduk di Kementerian Tenaga Kerja, tidak ada dari Cirebon padahal disitulah basis-basis untuk memberikan bantuan. Baik untuk peningkatan tenaga kerja, peningkatan SDM. Karena itu tadi, tidak keurus,” tuturnya.

Selaku putera daerah, tentu dirinya merasa terpanggil, adanya isu pemekaran WTC. “Putra daerah sudah pasti siap membangun Wilayah Cirebon Timur. Artinya, Cirebon Timur sudah waktunya untuk dilakukan pemekaran. Hayu, bangkit Cirebon Timur,” tegasnya.

SDM dari Cirebon Timur sudah banyak yang mumpuni. Gradenya sudah masuk ke tataran nasional. Diantaranya, ada mantan menteri Kelautan, Rohmin Dahuri. Serta sekjen PBNU, Helmy Faisal Zaini. Keduanya, asli kelahiran Cirebon Timur.

“Itu buktinya. Banyak anak daerah yang melanglang diskala nasional. Menjadi menteri Kelautan, Seperti Rohmin Dahuri. Kemudian Helmy Faisal Zaini, mantan Menteri Pemukiman Daerah Tertinggal. Termasuk saya, meskipun belum sampai masuk ke tataran Menteri. Tapi berada dilingkaran menteri. Di Kementrian Tenaga Kerja. Kami merasa terpanggil untuk membangun Cirebon Timur,” pungkasnya. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!