Dukung Transformasi IAIN ke UIN, Laskar Macan Ali Minta Pemkot Pro Aktif

Dukung Transformasi IAIN ke UIN, Laskar Macan Ali Minta Pemkot Pro Aktif

RAKYATCIREBON.ID – Dukungan transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UIN disuarakan sejumlah pihak. Salah satunya Panglima Besar Laskar Agung Macan Ali, Prabu Diaz. Kepada sejumlah media, Prabu mengungkapkan, kemajuan pendidikan Islam di Cirebon sejalan semangat dakwah para wali zaman silam.

Menurut Prabu, IAIN Cirebon sebagai satu-satunya perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) di Ciayumajakuning telah banyak berkontribusi mencetak lulusan yang berkiprah di masyarakat. Oleh karena itu, upaya pengembangan IAIN pun layak digaungkan.

“Saya mensupport habis agar IAIN Syekh Nurjati ditingkatkan statusnya menjadi UIN Syekh Nurjati,” ungkap Prabu saat menerima kunjungan Kasubbag Humas dan Publikasi, H M Arifin MPdI di Markas Laskar Agung Macam Ali, kemarin.

Tak cuma ucapan, Prabu pun bakal membantu meminta dukungan pada pihak terkait. Mulai dari Pemda, Pemprov hingga Pusat. “Laskar Macan Ali akan membuat dukungan resmi yang saya sampaikan instansi terkait ke Kementerian Agama di level pusat sampai Pemkot Cirebon untuk pro aktif membantu percepatan menjadi UIN,” ujar dia.

Prabu menilai, percepatan menjadi UIN sudah mendapat dukungan dari dua Pemda yakni Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu. Dengan penyediaan lahan untuk pengembangan kampus. Dari Pemda  Kabupaten Cirebon telah dihibahkan sebidang tanah di kawasan Astapada, Tengah Tani. Sementara Pemda Indramayu sedang proses menghibahkan tanah seluas 18 hektar di Desa Cikawung, Terisi.

“Tapi saya belum lihat (bantuan) Pemda Kota Cirebon kepada IAIN dalam perjuangannya menjadi UIN. Sebagai masyarakat Cirebon saya prihatin kalau keberadaan IAIN Cirebon tidak diperhatikan Oleh Wali Kota Cirebon,” kata dia.

Menurutnya, letak IAIN Cirebon berada di wilayah administratif Kota Cirebon. Untuk itu, pihaknya meminta Pemda Kota Cirebon turut ambil bagian dalam misi transformasi IAIN menjadi UIN. “Saya berharap Pemda Kota Cirebon segera lakukan langkah-langkah membantu IAIN Cirebon,” tukas dia.

Sementara itu, Kasubbag Humas dan Publikasi, H M Arifin MPdI menjelaskan, hingga saat ini proses transformasi IAIN menjadi UIN terus ditempuh. Secara teknis, IAIN masih menanti perampungan hibah tanah dari Pemda Indramayu untuk pengembangan kampus II di Kecamatan Terisi, Indramayu.

“Kami minta dukungan kepada masyarakat Ciayumajakuning agar cita-cita transformasi IAIN menjadi UIN segera terealisasi agar IAIN dapat meningkatkan layanan dan memperluas jangkauan pendidikan,” imbuh Arifin. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!