Empat Desa Swadaya Atasi Kekeringan

7
Gunakan Pompa, Alirkan Air dari Sungai

CIREBON – Kesulitan air melanda wilayah Desa Tegal Gubug Lor. Sejumlah lahan pertanian mengering. Bahkan, warga kesulitan mendapatkan air bersih.
Lahan pertanian dan sumur telah mengering, membuat warga Desa Tegal Gubug Lor melakukan swadaya demi mendapatkan pasokan air.

warga cirebon kekeringan
Swadaya atasi kekeringan. Foto : Casmudi/Rakyat Cirebon

Raksa Bumi Desa Tegal Gubug Lor, Nahkrowi, mengatakan, warganya kian sulit mendapatkan pasokan air bersih sekedar untuk keperluan MCK. “Warga saya mulai kesulitan mendapatkan air untuk keperluan sehari-hari,”ujarnya.
Ia mengatakan, satu-satunya jalan yang harus dilakukan warga yakni bekerja sama dengan beberapa desa yang dilewati saluran irigasi jalur GS 10. “Untuk mengalirkan air dari sungai Ciwaringin agar bisa sampai ke desa-desa yang memang kekurangan air,”ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Beberapa desa yang dilewati jalur irigasi tersebut,kata dia, yakni, Desa Gintung, Tegalgubug, Rawagatel hingga ke Desa Kaliwedi. Sehingga, warga dari keempat desa tersebut melakukan swadaya agar aliran air bisa sampai tempatnya masing-masing. “Agar air dari sungai Cimanuk ini bisa sampai ke desa kami, maka harus disedot dengan pompa air, dan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, kami sepakat untuk melakukan swadaya,”terangnya.
Senada dengan Kurnadi, salah seorang pamong Desa Rawagatel mengaku dirinya ikut memberikan swadaya agar masyarakat di desanya tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air guna keperluan MCK. Karena air untuk keperluan masak dan minum, warga biasa menggunakan air galon.

Swadaya tersebut diperuntukan untuk membiayai penyewaan mesin pompa air dan untuk membeli bahan bakarnya. Karena jika tidak disedot dengan mesin, air tidak akan bisa mengalir,”ungkapnya. Dijelaskan Kurnadi, untuk waktu penyedotan air juga sudah ada gilirannya. Pasalnya, saat ini sungai Ciwaringin sendiri debit airnya tidak terlalu banyak. “Sehingga, harus berbagi dengan desa lain yang kekurangan air juga,”imbuhnya.(caz/mgg)

BAGIKAN