Festival Pesisir Gairahkan Sektor Wisata

Seniman dan Budayawan Bangkit, Nadran Syukuran Atas Hasil Laut

KEJAKSAN– Festival Pesisiran 2015 yang dihelat Pemkot Cirebon, akhir pekan lalu, bisa membangkitkan gairah bagi budayawan dan seniman. Demikian dikatakan Walikota Cirebon Drs Nasrudin Azis SH usai menghadiri pagelaran sendara tari di depan balaikota, kemarin.

festival pesisir kota cirebon
Festival Pesisir Kota Cirebon. Foto : Dicki Priyansa/Rakyat Cirebon

“Festival Pesisiran ini memang momen yang tepat untuk para seniman dan budayawan mengaktualisasi diri. Banyak kreativitas dari pengembangan budaya Cirebon dan selalu ada yang baru,” katanya.

Menurutnya, Pemkot Cirebon akan lebih erat lagi dalam mengayomi para seniman dan budayawan di Kota Cirebon.  “Kami akan memberikan tempat dan wadah mengaktualisasi diri. Para seniman biasanya akan lebih termotivasi melestarikan budaya daerah,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Kota Cirebon ini berharap, kegiatan bertema kebudayaan yang ada di Cirebon digelar lebih intens.  Jika sebelumnya hanya setahun sekali, Azis meminta kegiatan bertema budaya digelar dua kali dalam setahun.

“Kegiatan yang sifatnya tahunan minimal dibuat dua kali dalam setahun. Itu pasti akan menggairahkan para seniman dan budayawan kita. Otomatis berimbas kepada peningkatan sektor wisata,” katanya.

Hal senada dikatakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cirebon, Drs Jaja Sulaeman MPd.  Pihaknya merasa gembira dengan terselenggaranya kegiatan festival pesisir yang menampilkan kegiatan nelayan. “Ini sebagai bentuk syukur atas hasil laut,” ucap Jaja.

Menurutnya, nelayan ke depan dituntut untuk optimal dalam memasarkan hasil tangkapan. Nelayan, kata Jaja, tidak hanya bisa menjual hasil laut dalam keadaan mentah. Akan tetapi, sambungnya, nelayan harus bisa menjual makanan olahan dan siap saji yang berbahan ikan laut.

Jaja juga mengapresiasi festival pesisir yang merupakan salah satu upaya mengemas dan mengembangkan nadran menjadi daya tarik wisata.  “Nelayan harus semakin bersatu demi kemajuan kota,” katanya. Jaja meminta agar kegiatan ini bisa menjadi even tahunan dan dikemas lebih menarik lagi. Salah satunya dengan publikasi yang intensif.

“Supaya gema festival pesisir ini akan terasa, tidak hanya oleh warga Kota Cirebon tapi juga warga dari luar kota,” katanya.  Sementara itu, Kepala Disporbudpar Kota Cirebon Drs Dana Kartiman MPd menjelaskan, festival pesisir dan kirab ancak 2015 merupakan acara sedekah laut yang senantisa dilaksanakan oleh masyarakat Pesisir Kota Cirebon.

Festival pesisir ini, kata Dana, merupakan upaya pemerintah dalam mengemas nadran sebagai daya tarik wisata.  “Even ini terdiri dari 32 kelompok nelayan dan instansi yang lain dari 4 kontingen besar yakni Kejawanan, Cangkol, Pesisir dan Samadikun Selatan. Acara ini akan dilaksanakan hingga besok (hari ini),” katanya.

Dana berharap, rangkaian festival pesisir bisa mendongkrak sektor pariwisata. “Mudah-mudahan upaya ini bermanfaat untuk meningkatkan wisatawan ke Cirebon,” tandasnya. Sebelumnya, acara arak-arakan nadran nelayan pada Festival Pesisir dilepas  Ketua DPRD Kota Cirebon Edi Suripno SIP MSi dan disaksikan Wakil Ketua DPRD Hj Eti Herawati, Ketua Komisi C H Sumardi, Kepala Disporbudpar Kota Cirebon Drs Dana Kartiman MPd dan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs Jaja Sulaeman MPd. (dic)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!