Fetival Genjring untuk Daya Tarik Wisatawan

212
TABUH GENJRING.
TABUH GENJRING. Kabupaten Kuningan menggelar festival genjring dalam rangka melestarikan seni dan budaya sekaligus menarik para wisatawan.

KUNINGAN – Kabupaten Kuningan bukan hanya kaya dengan obyek wisata alam, yang sudah melegenda ditambah lagi obyek wisata baru. Namun memiliki juga kergaman potensi atraksi wisata seni budaya. Untuk menopak keberhasilan sektor wisata Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan menggelar Pestival Genjring dalam rangka Kuningan Tourism Fest Kuningan.

Sebanyak 32 Group dengan jumlah peserta 783 orang yang merupakan perwakilan dari setiap kecamatan di Kabupaten Kuningan mengikuti rampak genjring dan lomba Kreasi genjring. Berlangsung di Pandapaparamarta, Minggu (29/4).

Dalam kesempatan itu Plt Bupati Kuningan Dede Sembada turut serta juga mengikuti langsung rampak genjring yang diikuti seluruh peserta atas intruksi intruktur DnR.

Plt Bupati Kuningan menuturkan, antusiasme dari para seniman dan budayan begitu kompak, sehingga harapan kami persival genjring ini tidak hanya dilaksanakan sekarang saja, melainkan berkelanjutan. “Dengan tujuan dan menghidupkan daya kreativitas seniman genring yang ada ditiap pelosok desa se-Kabupaten Kuningan pada akhirnya seni genring ini dapat dijadikan sebagai atraksi daya tarik wisata yang dapat meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan ke kabupaten Kuningan,”ungkapnya sambil memegang genjring.

Ia optimis Kondisi dan potensi pariwisata kabupaten Kuningan saat ini sedang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini di tandai dengan semakin banyaknya objek wisata baru yang bermunculan, juga semakin meningkatnya kunjungan wistawan yang datang ke Kuningan.

“Perkembangan wisata yang semakin pesar ini merupakan sebuah prestasi, namun sekaligus tantangan bagimana caranya agar para wisatawan yang dating ke Kuningan bisa berkesan dan mengajak yang laninnya. Kuningan dapat dijadikan “Kota Pangjugjugan” para wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan kesejukan udaranya, keakhasan kulinernya serta keunikan budayanya,” harapnya.

Kepala Kegiatan Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan Jaka Chaerul melalui Kabid Pemasaran Hj Nani mengungkapkan, Festival Genjring ini merupakan kegiatan Tourism Kuningan Fest 2018 yang dilaksanakan dalam rangka pengembangan program pemasaran pariwisata.

“Festival ini sebagai upaya dari Disporapar untuk menggali potensi seni dan budaya di masyarakat Kuningan, alhamdulillah festival ini mendapat antusiasi dari masyarakat, mereka meminta agar kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun,” turur Nani.

Festival ini, lanjut Nani, baru pertama kali diselenggarakan, kedepannya festival genjring ini dikemas lebih menarik lagi sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kuningan.

“Kesenian genjring ini, akan ditampilkan pada event besar di Kuningan, seperti tour de linggarjati,” jelasnya.(ale)