FSEI IAIN Cirebon, Terima 900 Mahasiswa dan Buka 4 Jurusan Baru

58
GEDUNG FSEI. Gedung FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Fakultas ini direncanakan membuka jurusan baru. (Suwandi/Rakyat Cirebon)

RAKYATCIREBON.ID-Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Aan Jaelani MAg menjelaskan, pihaknya tengah bersiap membuka empat jurusan baru untuk diterapkan pada tahun 2021 mendatang.

Pasalnya, pembukaan jurusan baru ini adalah salahsatu langkah untuk mendukung pengembangan FSEI yang direncanakan akan terbagi menjadi dua. Yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Rencana pembukaan jurusan baru sudah direncanakan sejak bulan Agustus 2019, karena untuk beberapa kelengkapannya harus ada kurikulum program studi baru yang berbasis SKKNI.

“Dan nanti dilanjutkan menyusul borang persyaratan pembukaan jurusan baru serta administrasi yang lainnya,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Untuk pengembangan fakultas baru, lanjut Aan, ada lima indikator untuk mengukur pengelola atau jabatan yang ada di fakultas. Yaitu jumlah dosen, jumlah mahasiswa, jumlah bangunan yang akan dipakai, jumlah pegawai, dan jumlah program studi.

“Kita akan membuka empat jurusan baru itu setelah memperoleh SK Tahun 2021 yang akan dipersiapkan secara matang dengan beberapa perangkat atau kelengkapan untuk penyelenggaraan jurusan baru tersebut,” ujar dia.

Aan menjelaskan, keempat jurusan baru tersebut yaitu, untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam akan dibuka Jurusan Pariwisata Syariah serta Jurusan Manajemen Haji dan Umroh. Untuk Fakultas Syariah dan Hukum akan dibuka Jurusan Hukum Pidana Islam dan Jurusan Ilmu Falak.

“Namun pada pertengahan tahun 2020 ini, FSEI akan mempersiapkan untuk submit tiga jurusan yang sudah ada dan belum terakreditasi terlebih dahulu.

Untuk sementara tiga jurusan, yaitu Hukum Tata Negera, Ekonomi Syariah, dan Akuntansi Syariah itu sekarang baru memperoleh nilah C (cukup) karena jurusan itu masih baru dan baru ada dua angkatan,” jelasnya.

Bahkan, kata Aan, pada tahun akademik 2020/2021 mendatang pihaknya menargetkan dapat menerima 900 mahasiswa baru di FSEI. Untuk itu, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait enam jurusan yang saat ini ada di FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Saat ini di FSEI ini ada enam jurusan, kalau yang empat itu adalah untuk penambahan jurusan baru. Semoga semakin banyaknya jurusan yang ada, layanan pendidikan tinggi kepada masyarakat semakin jauh lebih terbuka dengan pilihan-pilihan yang banyak dan bisa lebih fokus lagi untuk meningkatkan kompetensi mahasiswanya,” pungkas Aan. (wan)

BAGIKAN