FUAD Punya Ruang Jurnal, Upaya Tingkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah Dosen

114
RUANG JURNAL. FUAD resmikan Ruang Jurnal. Wadah bagi pada dosen dalam publikasi ilmiah sekaligus jadi indikator kualitas akademik di lingkungan FUAD. (Suwandi/Rakyat Cirebon)

RAKYATCIREBON.ID-Upaya meningkatkan kualitas publikasi ilmia bagi dosen terus dilakukan Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Salah satunya penyediaan Ruang Jurnal bagi dosen.

Dekan FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Hajam MAg mengakatan, Ruang Jurnal nantinya digunakan untuk berbagai keperluan pengelolaan jurnal. Di harapkan, dosen FUAD makin termotivasi dalam publikasi ilmia baik dalam bentuk jurnal maupun penelitian.

“Peresmian ruang jurnal ini untuk memfasilitasi FUAD agar bisa eksis dan sukses dalam pengelolaan jurnal. Karena jurnal ini bagian tak terpisahkan dari mutu akademik, baik jurusan, fakultas maupun institut,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, belum lama ini.

Menurutnya, jurnal bagi perguruan tinggi tergolong penting. Lantaran melalui jurnallah, kualitas akademik dilihat. Untuk itu, sebagai pimpinan di fakultas tersebut, dirinya berkewajiban mewadahi dan memfasilitasi sarana dan prasarananya.

“Ini untuk mewadahi. Seperti untuk mengedit, mengumpulkan beberapa tulisan, juga untuk upload, submit dan sebagainya. Karena ini sekarang serba online yang membutuhkan peralatan IT dan ruangan untuk memprosesnya,” terangnya.

Dengan dibukanya Ruang Jurnal, kini FUAD tak perlu lagi menginduk ke Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dalam pengelolaan jurnal.

“Kebetulan ada ruang kosong, maka FUAD mencoba untuk membuat sendiri, tapi tetap terpusat dengan Kampung Jurnal. Kami di sini hanya mengelola jurnal lokal, yaitu jurnal yang ada di FUAD saja,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, FUAD memiliki 9 jurnal. Namun, baru 4 jurnal yang sudah terakreditasi Sinta 4 dan 1 yang baru terakreditasi Sinta 5. Sedangkan 4 jurnal lainnya masih dalam proses akreditasi.

“Untuk itu, dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas jurnal agar lebih baik dan eksis lagi untuk menjadi distingsi icon dari pada Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” pungkasnya. (wan)

BAGIKAN