Gedung Baru FITK Diresmikan, IAIN Cirebon Fokus Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Gedung Baru FITK Diresmikan, IAIN Cirebon Fokus Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

RAKYATCIREBON.ID – IAIN Syekh Nurjati Cirebon meresmikan gedung Ruang Kuliah Baru (RKB) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Kamis (16/7). Gedung yang terletak  di area Pascasarjana ini merupakan gedung keempat yang dibangun bersumber dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp30 miliar.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis), Prof Dr Phil Kamarudin Amin MA melalui Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Prof Dr Arskal Salim GP MA memimpin langsung peresmian gedung FITK secara virtual di disaksikan seluruh petinggi IAIN Cirebon.

Dalam sambutannya, Prof Arskal mengatakan, sebagai perguruan tinggi representasi Islam, IAIN Cirebon tak hanya dituntut dalam membangun fasilitas bagi mahasiswanya. Juga diharapkan menjadi poros kajian Islam terpadu di Jawa Barat yang memoderasi pemikiran Islam masakini.  

“Membangun gedung kuliah baru bukan hanya membangun fisik. Tapi yang paling penting membangun manusia di dalamnya baik peserta didik, tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan,” ungkap Arskal.

Asrkal mengungkap, perkembangan zaman menuntut perguruan tinggi selalu berinovasi. Era digital ditandai dengan kuatnya arus informasi di berbagai platform yang bisa diakses publik secara luas.

Hal itu berdampak pada bergesernya ‘standar kebenaran’ yang tak ditentukan oleh kepakaran, melainkan ketenaran tokoh. “Orang yang punya pengetahuan yang sekedarnya tapi terkenal lebih banyak diikuti dibanding pakar yang belajar bertahun-tahun tapi tidak terkenal,” ucap dia.

Oleh karenanya, Arskal meminta akademisi di PTKIN mampu merespon tantangan zaman tersebut. “Walaupun nanti akan kembali kuliah tatap muka, tapi kuliah daring jangan ditinggalkan. Dosen-dosen mulainya membuat video kuliah yang diunggah sehingga bisa diakses mahasiswa kapan saja,” tukas dia.

FASILITAS. Ruang kelas dan koridor RKB FITK representatif untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dosen dan mahasiswa. ,

Sementara itu, Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengatakan, diresmikannya gedung FITK merupakan langkah lanjutan dari komitmen IAIN Cirebon meningkatkan kualitas pembelajaran dari sisi infrastruktur.

Kini, seluruh fakultas yakni Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah (FUAD), Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) dan FITK masing-masing sudah punya gedung RKB.

Ke depan, di samping pembangunan fisik, IAIN Cirebon bakal prioritaskan peningkatan kualitas pengajaran melalui aktualisasi kurikulum, pembukaan prodi baru hingga pemecahan fakultas agar konsetrasi keilmuan mahasiswa dapat lebih fokus.

“Kemegahan, keindahan, kecantikan itu tidak cukup gedungnya saja. Tapi bagaimana mempercantik, mempercerdas mahasiswa untuk pemanfaatan gedung baru tersebut,” kata Sumanta.

Dekan FTIK, Dr H Farihin Nur MPdi mengatakan, gedung RKB FITK dibangun sejak Mei 2019 hingga Desember 2019. Terdiri dari 5 lantai.

Lantai 1 diperuntukan untuk kantor pimpinan fakultas pelayanan umum dan akademik, musalah, dan perpustakaan. Lantai 2, 3 dan 4 berisi ruang-ruang prodi dan dan ruang kuliah. Sedangkan di lantai 5 digunakan untuk auditorium.

Gedung RKB FITK sudah digunakan sejak 17 Juni lalu untuk perkantoran dan sidang munaqasah (skripsi). Namun, aktivitas belajar mahasiswa masih menggunaan sistem daring dari rumah.

“Alhamdulillah gedung ini sudah rampung 100 persen dengan begitu banyak fasilitas. Baik untuk kegiatan perkuliahan, kegiatan perkantoran, kegiatan penelitian dan sebagainya,” tutur Farihin.

Tahun ini, FITK bakal menerima sekitar 1000 mahasiswa baru. Dengan kuota per rombongan belajar (rombel) 35 mahasiswa. Pendidikan Agama Islam (2), Pendidikan Bahasa Arab (3), Pendidikan Bahasa Indonesia (3), Tadris IPA Biologi (3), IPS (2), Pendidikan Bahasa Indonesia (3), Manajemen Pendidikan Islam (2), Pendidikan Anak Usia Dini (3), dan Pendidikan Guru MI (3). (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!