Generasi Muda Islam Dituntut Sebarkan Nilai Kebangsaan

42
AMPAIKAN. KH Husein Muhammad menyampaikan gagasannya tentang peran generasi muda di era saat ini dalam Seminar Nasional dengan tema Penguatan Peran Generasi Muda dalam Mengembangkan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Islam di Gedung FUAD, Senin (2/12). (Suwendi/Rakyat Cirebon)

RAKYATCIREBON.ID-Himpunan Mahasiswa Sosial (Himasos) menggelar Seminar Nasional dengan tema Penguatan Peran Generasi Muda dalam Mengembangkan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Islam di Gedung FUAD, Senin (2/12). Seminar ini menghadirkan akademisi Islam, Dr KH Husein Muhammad dan Muhammad Abdullah Syukri MA.

Ketua Umum Himasos, Riyo Maheso Jenar mengungkapkan, penguatan peran generasi muda di era saat ini menjadi sebuah kebutuhan. Himasos sebagai wadah generasi muda intelektual pun mengambil peran melalui pendidikan keislaman.

“Seminar ini diselenggarakan bidang keagamaan karena melihat situasi kondisi di Indonesia khususnya di Cirebon mencoba membangun pola pikir mahasiswa generasi muda ke depannya agar bisa berkarakter kebangsaan sesuai dengan pendidikan Islam,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Sementara itu, KH Husein Muhammad dalam pemaparannya menegaskan pentingnya mengarusutamakan nilai-nilai kebangsaan pada generasi muda. Hal itu, kata Husein, juga perlu dilakukan melalui jalur pendidikan keislaman yang moderat. Lantaran banyaknya pergerakan anak muda yang justru dilandasi oleh pemahaman Islam yang indoktrinasi.

“Islam doktrin akan menimbulkan permusuhan jika yang disampaikan hanya satu kebenaran dalam dirinya tanpa mengabaikan kebenaran yang lain,” ujar dia.

Perguruan Tinggi Keislaman, lanjut Hesein, juga dituntut untuk merancang kurikulum pendidikan yang sesuai kondisi zaman. Selain mengedepankan kompetensi, juga harus didasarkan pada pemahaman keislaman yang humanis. (wan)