Gerakan Pemekaran WTC, Tanung Hidayat: Harus Maksimal Supaya Terwujud

Gerakan Pemekaran WTC, Tanung Hidayat: Harus Maksimal Supaya Terwujud

RAKYATCIREBON.ID – Wacana pemekaran Wilayah Timur Cirebon (WTC) sudah lama digaungkan. Dan, hingga kini terus diperjuangkan. Belakangan ini ramai lagi setelah Ketua DPRD Kabupaten Cirebon HM Luthfi MSi menyatakan tak mendukung WTC pisah dari Kabupaten Cirebon. Luthfi lebih setuju jika pemekaran Ciayumajakuning menjadi provinsi pisah dari Jawa Barat.

Luthfi beralasan Kabupaten Cirebon tak cukup luas untuk dimekarkan. Menurutnya, Kabupaten Cirebon hanya memiliki luas wilayah sekitar 1.000 kilometer (KM) persegi. Terlalu kecil jika harus dimekarkan. Ia beranggapan, secara perekonomian akselerasi perubahannya tidak terlalu signifikan. Karena Cirebon Timur dan Cirebon Barat satu kesatuan. Oleh karena itu, ketimbang memekarkan wilayah, ia justru menyarankan kepada Gubernur Jawa Barat untuk lebih serius memperhatikan pembangunan di wilayah Ciayumajakuning.

Pernyataan Luthfi pun menuai sorotan dari sesama wakil rakyat. Terutama para anggota dewan yang berasal dari WTC. Wartawan Rakyat Cirebon, Zezen Zaenudin Ali mencatat hasil wawancara dengan Anggota DPRD dari dari PKB Tanung Hidayat.

Bagaimana pandangan Bapak tentang wacana pemekaran WTC?

Saya sebagai putra daerah, tentu sangat mendukungnya. Semoga terwujud. Jadi bukan sebatas wacana, tapi benar-benar direalisasikan pemerintah. Apalagi, sudah mendapat dukungan dari Pak Bupati Imron dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Bukankah Ketua DPRD justru tak setuju WTC dipisahkan dari Kabupaten Cirebon?

Ya, kalau saya punya sikap berbeda. Justru harusnya semua pihak saling mendukung agar pemekaran WTC segera terwujud. Pemekaran ini harus menjadi kebutuhan semua elemen, sehingga bahu-membahu merealisasikannya. Jadikan sebagai hajat dan kebutuhan bersama. Harus maksimal agar bisa segera terwujud.

Bentuk dukungan apa yang akan dilakukan?

Ya intinya, saya sebagai warga WTC siap untuk mengawal dan memperjuangkan agar pemekaran WTC ini segera terwujud. Karena selama ini masih sebatas wacana. Kami tidak mengharapkannya. Tapi harus benar-benar diwujudkan.

Menurut Bapak, apa lagi yang dibutuhkan untuk segera merealisasikan wacana WTC?

Selain butuh kebersamaan semua pihak untuk mewujudkan pemekaran, perlu ada tokoh yang dimunculkan untuk memperjuangkan pemekaran WTC. Meski infrastruktur sudah memadai untuk pemekaran wilayah, namun diperlukan kajian akademik secara matang. Sehingga, perlu ada tokoh yang harus memperjuangkan. Kalau untuk infrastruktur sudah banyak. Seperti kantor samsat, stasiun kereta, rumah sakit maupun zona industri sudah ada di Wilayah Cirebon Timur. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!