Gerindra Kota Cirebon Belum Putuskan Sikap untuk 2018

71
KEJAKSAN– Pernyataan Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Cirebon, Tommy Sofianna SH terkait langkah partainya di pemilihan walikota (Pilwalkot) 2018 mendatang, membuat ketua Fraksi Gerindra terusik.

partai gerindra cirebon
Gerindra. Image by partaigerindra.co.id

Ketua Fraksi Gerindra, Ruri Tri Lesmana menyatakan, apa yang disampaikan Tommy terkait kemungkinan langkah politik partainya di pilwalkot 2018 nanti, bukan merupakan sikap politik Partai Gerindra. “Apa yang disampaikan Tommy, itu bukan pernyataan dari Partai Gerindra. Melainkan pernyataan Tommy secara pribadi,” ungkap Ruri, saat ditemui Rakyat Cirebon di salahsatu rumah makan di Jalan Kartini, kemarin.

Ruri menegaskan, Partai Gerindra belum menentukan sikap politik untuk pilwalkot 2018 mendatang. Selain karena dianggap masih cukup lama, Partai Gerindra juga tidak ingin mengganggu konsentrasi Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH dalam menjalankan tugas. “Kami Partai Gerindra belum memutuskan sikap untuk Pilwalkot 2018. Lagipula, kami menghormati Pak Azis yang saat ini masih menjabat walikota,” ujar legislator asal dapil I Harjamukti itu.

Ia mengatakan, Partai Gerindra akan mengusung figur yang memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas mumpuni di pilwalkot 2018 nanti. Hanya saja, partai besutan Prabowo Subianto itu belum melakukan pembahasan terkait siapa figur yang akan diusung. “Belum ada pembicaraan siapa figur yang akan diusung dan dengan siapa kita akan berkoalisi. Yang pasti, Partai Gerindra menginginkan figur yang punya peluang menang tinggi,” katanya.

Bagaimana dengan kemungkinan Bamunas S Boediman merapat ke Partai Gerindra? Ruri mengaku, dirinya enggan berandai-andai. Ia menyatakan akan mengamankan dan menjalankan amanat partai.
“Apapun keputusan DPP akan kita laksanakan. Siapapun itu nantinya yang akan diusung,” kata pria yang juga anggota Komisi A DPRD Kota Cirebon itu. Sebelumnya, meski berstatus sebagai kader PDI Perjuangan, tapi beberapa partai justru memberi isyarat akan membuka pintu Bamunas.

Selain PDIP, jauh-jauh hari Partai Nasdem memberi isyarat bersedia menjadi kendaraan politik bagi Bamunas. Teranyar, Partai Gerindra mengisyaratkan hal yang sama. Meski bersebrangan dengan PDIP pada gerbong koalisi partai yang terbentuk pada pemilihan presiden (pilpres) 2014 lalu, tapi tak menjadi halangan bagi Partai Gerindra untuk membuka diri terhadap kemungkinan mencalonkan Bamunas di Pilwalkot 2018 nanti.

Setidaknya hal itu disampaikan Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Cirebon, Tommy Sofiana SH, saat ditemui di gedung dewan, Selasa (13/10). “Saya kira Pak Bamunas memang sudah seharusnya maju lagi di pilwalkot,” ungkap Tommy.

Menurut Tommy, meskipun Bamunas gagal di pilwalkot 2013 lalu, namun dilihat dari perolehan suara, terbilang sangat signifikan. Hal itu diyakini akan menjadi modal penting untuk bos Grage Group yang akrab disapa Oki itu untuk kembali bersaing menuju gedung putih.

“Jangan dilihat bahwa Pak Bamunas kalah di pilwalkot yang lalu. Tapi lihat perolehan suaranya. Menurut saya itu sangat signifikan dan akan menjadi modal dia untuk kembali mencalonkan diri di pilwalkot 2018 nanti,” ujarnya. (jri)

BAGIKAN