Gunung Kandaga Terbakar

12
SINDANGWANGI-Musibah Kebakaran Hutan kembali terjadi di Kecamatan Sindangwangi, kali ini terjadi di Gunung Kandaga yang terletak di Kampung Sinapel Desa Ujungberung yang terjadi pada akhir pekan sekitar pukul 16.00 WIB.

gunung kandaga majalengka
Gunung Kandaga terbakar. Foto : Pai Supardi/Rakyat Majalengka

Diperkirakan menghanguskan hektaran pohon yang ada di gunung yang terletak sangat dekat dengan pemukiman tersebut. Cuaca terik dan kencangnya angin diduga menjadi penyebab utama sulitnya si jago merah dipadamkan. Beruntung, kebakaran tidak merambat ke wilayah pemukiman warga.

Untuk memadamkan api tersebut, masyarakat bersama TNI dan Polri, khususnya Koramil Rajagaluh dan Mapolsek Sindangwangi dibantu warga langsung bergerak cepat untuk memadamkan api, dengan melakukan penyekatan serta memadamkan dengan menggunakan alat sederhana.

Sulitnya medan dan besarnya tiupan angin cukup menyulitkan warga dalam menjinakan api. Sehingga proses pemadaman berlangsung hingga larut malam. Setelah berjuang berjam-jam, akhirnya dijago merah bisa benar-benar dipadamkan sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

Kapolres Majalengka didampingi Kapolsek Sindangwangi, AKP Sutarjo mengatakan, sulitnya medan dan kencangnya angin membuat tim pemadam kerepotan memadamkan api. Sebagai langkah antisipasi agar kebakaran tidak menjalar ke permukiman dan kebun warga, pihaknya berupaya melakukan penyekatan-penyekatan.

“Kondisi angin yang besar serta lokasi kebakaran yang berada di lereng terjal cukup menyulitkan kami untuk memadamkanya. Sehingga, api benar-benar baru bisa dipadampamkan sekitar tengah malam, bahkan menjelang dini hari,”ucapnya kepada Rakyat Majalengka (Rakyat Cirebon Group).

Ia menduga penyebab kebakaran tersebut akibat faktor cuaca yang cukup panas. “Ditambah banyaknya belukar kering yang terbakar akibat adanya gesekan yang dipicu angin kencang,” imbuhnya. (pai)

BAGIKAN