Hasil Seleksi di Tangan Panitia Pilwu

5
Sesuai dengan Jadwal, Hari Ini Penetapan Calon Kuwu di 124 Desa

SUMBER– Meski terkesan tertutup, seleksi akademik bakal calon (balon) kuwu di empat desa yang memiliki balon lebih dari lima sudah tuntas. Bahkan, hasil seleksi tim yang berasal dari salah satu perguruan tinggi di Cirebon ini sudah diserahkan kepada panitia masing-masing desa untuk dijadikan dasar penetapan calon kuwu.

seleksi calon kuwu cirebon
Seleksi calon Kuwu. Foto : Ist./Rakyat Cirebon

Berdasarkan informasi yang dihimpun Rakcer, empat desa yang memiliki balon lebih dari lima adalah Desa Plumbon Kecamatan Plumbon, Desa Kertasura Kecamatan Kapetakan, Desa Pegagan Kecamatan Palimanan dan Desa Bojongkulon Kecamatan Susukan.

Adapun desa yang memiliki balon paling banyak yaitu Desa Pegagan dengan sembilan bakal calon kuwu. Meskipun terdapat 29 orang balon kuwu yang diseleksi, pansel langsung menyerahkan hasil seleksi dalam satu hari yang sama kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Cirebon dengan disaksikan Tim Fasilitasi Pemkab Cirebon, Tim Pengawas dan juga Tim Pengamanan Pilwu Serentak 2015.

Sekretaris BPMPD Kabupaten Cirebon, R Chaidir Susilaningrat, Senin (5/10), membenarkan adanya pelaksanaan seleksi administrasi tersebut. Saat ini, lanjut Chaidir, semua hasil seleksi sudah diserahkan kepada panitia pilwu di empat desa.

“Memang seleksi sudah selesai dilaksanakan pada Sabtu 3 Oktober kemarin. Hasilnya juga langsung diserahkan kepada BPMPD untuk selanjutnya diserahkan langsung kepada panitia,” ujarnya kepada Rakyat Cirebon.

Untuk hasil seleksi, Chaidir mengatakan, pihaknya tidak mengetahui karena tidak membuka isi dari hasil seleksi. Menurutnya, BPMPD saat itu menerima hasil seleksi  yang dimasukkan dalam amplop dan diberi segel oleh tim seleksi.

“Hasilnya diserahkan dalam amplop tertutup dan bersegel kepada tim fasilitasi dengan disaksikan segenap jajaran tim fasilitasi, tim pengawas, tim pengamanan pilwu serentak, camat dan muspika dari kecamatan masing-maisng. Tak lupa, panitia 11 dari ke empat desa yang bersangkutan,” tuturnya.

Disinggung mengenai langkah panitia 11 atas hasil seleksi itu, Chaidir mengungkapkan, aturan untuk desa yang memiliki balon lebih dari lima haruslah diadakan seleksi administrasi guna menjaring lima balon kuwu dengan nilai tertinggi yang diloloskan. Demi netralitas tim seleksi, Chaidir mengaku, pemkab melalui tim fasilitasi tidak ikut campur mengenai tata laksana seleksi.

“Saya sendiri tidak mengetahui tes apa saja yang diberikan oleh tim seleksi karena tim fasilitasi sudah menyerahkan sepenuhnya pelaksanaan seleksi kepada timsel. Begitu juga hasilnya, kita tidak mengetahui karena memang tidak kita buka dan kita berikan kepada panitia pilwu masih dalam keadaan tersegel,” terangnya.

Chaidir berharap, pelaksanaan penetapan maupun tahapan lainnya dalam pilwu dapat terlaksana sesuai dengan aturan yang berlaku. Bukan hanya itu, Chaidir meminta kepada seluruh panitia untuk dapat mematuhi aturan yang ada dalam mengambil setiap kebijakan.

“Tentunya, harapan kami semuanya dapat dilaksanakan sesuai aturan yang ada. Panitia pilwu juga bisa melakukan atau mengambil kebijakan yang sesuai dengan peraturan,” katanya. Sedangkan, sesuai dengan jadwal yang tercantum dalam perbup, penetapan calon kuwu akan dilaksanakan serentak di 124 desa pada Selasa (6/10) hari ini. (yog)

BAGIKAN