HIMA ILHA Kaji Bahasa Arab

HIMA ILHA Kaji Bahasa Arab

RAKYATCIREBON.ID – Himpunan Mahasiwa Jurusan Ilmu Hadis (HIMA-ILHA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali melaksanakan Kajian Bahasa,  Senin (5/10). Kegiatan kajian tersebut  bertemakan Urgensi Bahasa Arab dalam Membina Umat Islam.

Rizki selaku Ketua Umum HIMA ILHA menjelaskan, tema tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Bahasa Arab. “Bahasa Arab adalah bahasa legendaris, bahasa kebanggaan umat Islam, yang mana nabipun berdakwah menggunakan bahasa arab, bahkan kitab suci umat Islampun berbahasa arab,” tutur dia.

Raden Miqdad selaku pemateri menyampaikan, Bahasa Arab menjadi bahasa satu-satunya yang dipakai Nabi Muhammad SAW dan menjadi bahasa persatuan keilmuan yang membimbing dan membina umat Islam menuju peradaban yang sangat berharga dan bernilai.

“Salah satu contoh kecilnya yaitu Kitab Al Qanun fi Ath Thibb karya Ibnu Sina, kitab berbahasa arab yg menjelaskan hukum-hukum dalam kedokteran,” papar Miqdad.

Ia menambahkan,  karya yang dijadikan sebagai rujukan utama pertama bagi umat manusia dalam dunia medis.

“Bahasa Arab merupakan kehidupan spritual kaum muslimin mulai dari syahadat, sholat, zakat, puasa dan haji menjadi nol nilainya alias muspro,” jelas dia.

Maka, tidak berlebihan ketika dikatakan bahwa Bahasa Arab adalah kunci dalam memahami seluruh aset keilmuan Islam yang kaya.

“Bahasa Arab adalah bahasa yang disahkan Allah untuk digunakan sebagai wasilah pengantar ibadah mahdhoh,” kata Miqdad.

Ia menegaskan,  pentingnya Bahasa Arab sebagai bahasa yang teramat urgen. “Jika dikatakan Bahasa Arab sebagai bahasa utama kaum muslimin dimanapun mereka berada,” tukas dia. (khumaedi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!