Hitungan Menit, Rumah Hangus Terbakar

5
SUMBERJAYA – Meskipun tak memakan korban jiwa akibat terbakarnya rumah milik Sukmita (58) di Blok Pahing Rt 03 Rw 02 Desa Panjalin Lor Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka, Namun Sukmita harus menelan kerugian sebanyak hampir seratus juta rupiah.

Kebakaran. Foto : Herik Diana/Rakyat Majalengka

Atas peristiwa tersebut, Sukmita terlihat menyesal dan tak menyangka baru ditinggalkan sebentar, rumahnya langsung hangus terbakar. Waktu itu, ia mengaku hanya keluar sebentar dalam keadaan tengah memasak dan lupa tidak mematikan kompor terlebih dahulu. Menurut sejumlah saksi mata, api tersebut cepat menyebar dalam hitungan menit.

Rumah tersebut hangus terbakar pada Sabtu (3/1) sekitar pukul 13.30 WIB. Meski warga telah berusaha memadamkan api, namun angin yang saat itu bertiup kencang membuat sekira 80 persen rumah ludes hanya dalam hitungan puluhan menit. Kapolres Majalengka, AKBP Yudi Sulistianto Wahid SIK melalui Kapolsek Sumberjaya, AKP H Dedi Budiana langsung ke TKP. Namun api begitu cepat menyebar dan memakan atap bambu dan kusen.

Kronologis kejadiannya, pemilik rumah tengah memasak di dapur itu dengan menggunakan kayu bakar dan ditinggal sebentar. Setelah ia kembali lagi ke dapur, kata dia, api  sudah merambat ke dinding dari bilik anyaman bambu. Api itu membakar tumpukan kayu bakar yang sudah kering sehingga membakar bagian rumah lainnya. Ditambah angin yang kencang membuat warga dan petugas berjibaku memadamkan api. “Warga diharapkan agar lebih berhati-hati ketika menyalakan kompor saat meninggalkannya. Lebih baik matikan saja dulu untuk menghindari terjadinya api tertiup angin,” ujarnya kepada Rakyat Majalengka (Rakyat Cirebon Group).

Sementara itu salah seorang saksi Jamroni (38) yang tak jauh dari lokasi rumah yang terbakar tersebut, mengaku bersama warga lainnya berusaha memadamkan api. Namun angin sangat kencang membuat sejumlah warga kewalahan mengendalikan api.”Warga sudah berusaha untuk memadamkan api, namun angin terlalu kencang,” ujarnya.

Kapolsek Dedi mengatakan, saat ini kerugian bagi pemilik rumah diprediksi mencapai sebesar Rp 90 juta lebih. Sumber api diperkirakan berasal dari dapur. “Api berhasil dipadamkan warga dan petugas sekira pukul 14.30 WIB,” imbuhnya. (hrd)

BAGIKAN