Hoaks Kota Cirebon Lockdown, Polres Ciko Lakukan Simulasi Sispam Kota Cegah Sebaran Virus Corona

616

RAKYATCIREBON.ID-Beredar di media sosial WhatsApp yang berbunyi “Besok Kota Cirebon Lockdown akan ada penyekatan di 4 titik Kalijaga, Ciperna, Tangkil dan Kedawung. Beritahu kerabat yang sekiranya diberitahu”. Informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

“Yang sesungguhnya terjadi, pagi tadi adalah kegiatan simulasi sispam Kota yang melibatkan Kepolisian, TNI, Dishub dan Satpol PP,” ujar Jurnalis RCTV Ryan kepada rakyatcirebon.id, Jumat (3/4).

Hal ini dipertegas Kasubag Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatija bahwa informasi tersebut hoax.

“Itu tidak benar alias Hoax. Kota Cirebon sama sekali tidak ada rencana atau perintah Lockdown. Tadi pagi itu kami hanya melaksanakan simulasi,” tegas Ngatija.

Mengutip keterangan tertulis Polda Jabar Polres Cirebon Kota, dalam rangka antisipasi penyebaran virus Corona 2019 secara serempak pada hari ini Polres Cirebon kota melaksanakan kegiatan Apel Sispamkota dalam rangka situasi Kontijensi di wilayah Hukum Polres Cirebon Kota dengan penanggung jawab Kapolres Cirebon kota AKBP Syamsul Hudq, S.IK, SH, M. Si. bertempat di Mako Polres Cirebon Kota. Jumat (03.04.2020)

Apel tersebut dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Purnama, SH MH, perwira Polres Cirebon Kota, beserta anggota Polres dan Polsek jajaran Polres Cirebon Kota serta dari TNI, Dishub dan Satpol PP
Jumlah sekitar 350 personil.

Simulasi penyekatan ini terbagi menjadi 4 titik yaitu dari arah Kuningan di depan lapangan udara penggung Ciperna, dari arah jakarta di jalan Ir. H. Juanda Kedawung, dari arah Indramayu di depan Bakorwil jalan Sunan Gunung Jati dan untuk arah dari Jateng di jalan Kalijaga.

Kapolres Cirebon kota di sela-sela rapat melalui kasubag humas Ciko Iptu ngatidja, SH. MH menyampaikan ” bahwa dilaksanakan simulasi Sispamkota dalam rangka situasi Kontijensi di wilayah Hukum Polres Cirebon Kota sebagai bentuk kesiapan dari jajaran Polres Cirebon kota dalam menghadapi situasi saat ini yang dialami oleh negara Indonesia terkait dengan penyebaran virus Corona Covid 19 ” ujarnya.

Sehingga simulasi Sispamkota yang saat ini dilakukan dengan melibatkan TNI, DISHUB dan SAT POL PP memberikan informasi kepada masyarakat sehingga barangkali terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka Masyarakat khususnya Kota Cirebon sudah memahami akan hal tersebut ” tandas Akbp Syamsul Huda, S.IK, SH, M.Si.

Ditambahkan Kabag Ops Polres Cirebon kota kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan personel TNI, DISHUB dan SAT POL PP dan instansi terkait lainnya karena wabah virus Corona Covid19 merupakan tanggung jawab kita bersama, ujar Kompol Purnama,SH.MH. (*)