Hyundai Pasarkan Mobil Listrik Pertama

Hyundai Pasarkan Mobil Listrik Pertama

Performa Menakjubkan, 5 Kali Lebih Irit Biaya Energi

RAKYATCIREBON.ID – Ramah lingkungan namun punya performa yang baik menjadi keunggulan mobil bertenaga listrik. Untuk itulah, Hyundai melalui dealer resminya mengeluarkan Ioniq EV dan Kona EV. Dua varian mobil menggunakan listri sebagai energinya.

General Manager Hyundai Cirebon, Silvia Malindo mengungkapkan, dua mobil listrik ini sudah mulai dikenalkan di Cirebon sejak pekan kedua November. Selain irit, kedua mobil ini mempunyai fitur dan performa menakjubkan.

Inoniq EV misalnya. Mampu menempuh jarak hingga 311 KM dalam keadaan baterai penuh kapasitas 38,3 KWh. Jika dibandingkan, biaya energi mobil berbahan bakar minyak akan menghabiskan biasa sekira Rp249.750 sedangkan mobil listrik hanya butuh Rp56.196 saja. Hampir lima kali lebih hemat.

“Selain itu keunggulan mobil listrik juga rendah polusi bunyi, rendah biaya pemeliharaan, dan mudah digunakan,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, Sabtu (7/11/2020).

Silvia menambahkan, mobil listrik akan menjadi kendaraan masa depan. Oleh karenanya pemerintah mendukung penuh pemasaran mobil listrik. Bahkan biaya BBN mobil listrik digratiskan dan pajak 1/5.

Sayangnya, fleksibilitas pengisian energinya tak seluwes mobil berbahan bakar minyak. Mobil listrik membutuhkan paling cepat 57 menit mengisi daya dari 0 sampai 100 persen menggunakan DC Fast Charging. Jika menggunakan AC Wall Mount Charging dibutuhkan sekira 6 jam pengisian daya.

“Kalau menggunakan AC Portable Charging dibutuhkan 17 jam 30 menit waktu pengisian daya,” terang dia.

Namun begitu, Silvia mengatakan pengguna mobil listrik tak perlu khawatir. Pasalnya di Jawa Barat bakal disiapkan 471 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara tersebar. Pengguna bisa isi daya menggunakan DC Fast Charging yang biayanya diklaim lebih irit dari kendaraan konvensional.

Sementara itu perawatan, mobil listrik juga tak telan banyak biaya. Pasalnya, komponen mesin juga lebih sederhana. Bahkan tanpa oli. “Apalagi Hyundai memberikan promo garansi 8 tahun dan bebas biaya perawatan selama 5 tahun di dealer,” kata Silvia.

Hyundai Ioniq EV merupakan kendaraan sedan yang dapat menampung lima orang. Sedangkan untuk mobil Kona EV berbentuk SUV. Hyundai Ioniq memiliki empat pilihan warna yakni polar white, fiery red, fluidic metal, dan phantom black. Untuk interiornya sendiri memiliki warna yang elegan fossil gray interior. Ioniq EV tipe Prime dibandrol Rp637,4 juta sedangkan tipe Signature dibandrol Rp677,4 juta.

Hyundai tampaknya serius ingin kembangkan mobil listrik di Indonesia. Apalagi, kata Silvia, Hyundai sudah gelontorkan dana investasi Rp40 triliun guna membangun pabrik di Cikarang. Pengembangan bisnis ini nantinya akan memudahkan konsumen atas kebutuhan spare part dan perawatan. Karena jaringan dealer resmi Hyundai bakal lebih lengkap. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!