IAIN Batusangkar Sediakan Beasiswa Mahasiswa Asing, IAIN Cirebon Kapan?

IAIN Batusangkar Sediakan Beasiswa Mahasiswa Asing, IAIN Cirebon Kapan?

RAKYATCIREBON.ID- Rektor IAIN Batusangkar Dr Kasmuri MA didampingi Wakil Rektor 3 Dr Rizal MA berkunjung ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Senin (9/3). Kedatangan mereka disambut Rektor IAIN Cirebon Dr H Sumanta MAg, Wakil RektorI Dr H Adib MAg dan Kepala Biro AUAK Drs Subarja di ruang Senat IAIN Cirebon.

Selain penandatanganan MoU, kedua IAIN lintas pulau ini berbagi pengalaman perihal pengembangan pendidikan Islam.

Rektor IAIN Batusangkar, Dr Kasmuri MA menjelaskan, lahir dari rahim IAIN Imam Bonjol, IAIN Batusangkar terus berkembang. Bahkan dari 27 jurusan, 8 di antaranya berakreditasi A. Kebanyakan B hanya beberapa saja yang C.

Yang lebih mengesankan, IAIN Batusangkar sudah menerima mahasiswa dari 3 negera. Yakni dari Thailand, Malaysia dan Kamboja. Mahasiswa dari luar negeri inipun bahkan di fasilitasi beasiswa. “Ini adalah bentuk pengembangan pendidikan Islam,” ungkapnya.

Tak banyak IAIN terbuka dengan mahasiswa asing. Apalagi diberi fasilitas beasiswa. Selain terkendala bahasa, masalah keuangan kampus juga harus diatur seefektif mungkin.

Kasmuri menceritakan, suntikan dana beasiswa untuk mahasiswa asing berasal dari dana zakat yang dihimpun pihak kampus.

Sementara itu, Wakil Rektor II IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Ilman Nafia MAg menjelaskan, kerja sama dengan luar negeri terkait penerimaan mahasiswa asing sebetulnya sudah mulai dijajaki. Hanya saja, IAIN Cirebon masih menunggu momentum. Seperti kesiapan SDM, keuangan dan infrastruktur.

“Kami belum berani. Karena mahasiswa dari Thailand agak sulit belajar bahasa Arab maupun bahasa Inggris,” ujar dia. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!