IAIN Cirebon Bersama Bank Mandiri Syariah Tanam 500 Pohon di Astapada

IAIN Cirebon Bersama Bank Mandiri Syariah Tanam 500 Pohon di Astapada

RAKYATCIREBON.ID – IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) melakukan penanaman sekitar 500 pohon di tanah yang berlokasi di Desa Astapada, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Kamis (12/11).

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menjelaskan, penanaman pohon di tanah seluas 4,2 hektare tersebut dalam rangka penghijauan. Sehingga, ketika nanti dilakukan pembangunan, pohon-pohon tersebut telah tumbuh besar.

“”Kita menanam ini berdasarkan site plan. Jadi kita tahu menanamnya itu di sebelah mana. Sehingga ketika kita melakukan pembangun di sini, tanaman itu sudah besar. Itu adalah bentuk persiapan kita,” kata Sumanta.

Berdasarkan site plan yang sudah dibuat, kata dia, lokasi tanah di Desa Astapada ini diproyeksikan akan dibangun Fakultas Tarbiyah dengan mengusung kampus hijau yang ramah lingkungan dan fasiltas pendukungnya. Seperti, gedung perkuliahan, lab school, mahad, dan sejumlah fasiltas lainnya.

“Kita sudah membuat site plannya. Jadi dalam site plan itu sudah tertera, tanah di sebelah sini untuk apa, sebelah situ untuk apa. Itu sudah ada semua. Di sela-sela gambar itu kan tertera pohon-pohon. Nah kita tanaminya sekarang. Sehingga ketika kita membangun, pohon-pohon yang kita tanami pohon ini sudah besar,” kata Sumanta.

Sedangkan untuk rencana pembangunannya, Rektor mengungkapkan, akan mengalami keterlambatan akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan sejumlah anggaran terkena refocussing.

“Insya Allah 2021 pembangunannya baru bisa dilaksanakan. Karena sebenarnya tahun 2020 ini itu pembangunannya untuk di rektorat dan perpustakaan, kemudian tahun 2021 itu di tanah Astapada ini, dan tahun 2022 itu di Cikawung Indramayu. Tapi karena ada refocussing anggaran, mungkin akan mengalami keterlambatan,” paparnya.

Selain itu, Sumanta menambahkan, kegiatan ini juga bisa dikatakan sebagai family gathering. Karena melalui kegiatan ini seluruh keluarga besar Sivitas Akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat berkumpul.

Program penghijauan adalah implementasi program sustainable finance Mandiri Syariah yang salah satu tujuannya adalah mengurangi kesenjangan sosial, mengurangi dan mencegah kerusakan Lingkungan Hidup serta menjaga keaneka ragaman hayati.

Imsak Ramadhan mengatakan Bank Syariah Mandiri sebagai mitra IAIN Syekh Nurjati Cirebon berupaya untuk mendukung program yang diselenggarakan IAIN Syekh Nurjati salah satunya adalah program penghijauan dengan tema Semarak Menanam Bersama.

Penanaman dilakukan oleh Area Manager Bank Syariah Mandiri, Imsak Ramadhan, SP,. ME dan Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim M.Ag didampingi oleh Branch Manager KC Cirebon Cipto Setiawan Surya Sumirat dan civitas akademik IAIN.

Lokasi tanah di Desa Astapada ini diproyeksikan akan dibangun Fakultas Tarbiyah dengan mengusung kampus hijau yang ramah lingkungan dan fasiltas pendukungnya. Seperti, gedung perkuliahan, sekolah lab, mahad, dan sejumlah fasiltas lainnya.

“Semoga dengan semakin banyak pohon, lingkungan kampus akan semakin nyaman bagi mahasiswa dan lingkungan kampus IAIN,” pungkas Imsak. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!