IAIN Cirebon Teken MoU dengan Pemda Cirebon

IAIN Cirebon Teken MoU dengan Pemda Cirebon

RAKYATCIREBON.ID-IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi salah satu dari 9 Perguruan Tinggi yang teken MoU dengan Pemda Kabupaten Cirebon, Senin (23/12) di Ruang Nyimas Gandasari. Kesepakatan yang dijalin terkait implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Diskusi Penguatan Inovasi SKPD, guna meningkatkan indeks daya saing daerah menuju Cirebon bersama tahun 2019.

Bupati Cirebon, Drs H Imron Rosyadi MAg dalam sambutanya mengatakan, penyelenggaraan pembangunan pelayanan serta pemberdayaan masyarakat akan bisa dilaksanakan dengan baik cepat dan terarah jik ada harmonisasi dan kerjasama antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah. Sesuai dengan kewenangan dan peran tanggung jawabnya masing-masing.

“Kami kami berharap ada peran dan kontribusi yang positif dan nyata dari berbagai perguruan tinggi dalam pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat perguruan tinggi merupakan wahana para intelektual ilmuwan dan para profesional yang senantiasa mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia yang cerdas bertaqwa berbudaya kreatif dan berkarakter tangguh,” ungkapnya.

Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat maka akan ada pengembangan dan inovasi yang akan bisa meningkatkan daya saing daerah. “Kami harapkan ada beberapa hal yang bisa kita ambil dalam kesempatan ini,” ujar dia.

Seperti pertama eksistensi dari perguruan tinggi mempunyai peran yang sangat penting untuk mempengaruhi perubahan-perubahan terhadap masyarakat. Implementasi dari Tri Dharma yang telah dijadikan sebagai kewajibannya mampu untuk diwujudkan dalam bentuk untuk membangun gerakan pembelajaran terhadap masyarakat. Guna mendorong terciptanya hubungan sosial serta terjaganya nilai-nilai budaya kultur masyarakat.

Kedua, lanjut dia, Perguruan Tinggi bisa mengembangkan sebuah model dari pembangunan yang berbasis pada keilmuan serta sumber daya lokal. Di dalam kerangka yang bersistem pada nilai budaya daerah membangun sistem pengembangan keilmuan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat di dalam merespon perubahan global yang dinamis

‘Kemudian mengembangkan pusat-pusat untuk pengembangan masyarakat dengan melakukan pemanfaatan sumber daya serta nilai-nilai lokal yang ada,” tambah dia.

Kemudian, lanjut Imron, Perguruan Tinggi ikut membantu mengembangkan kebijakan yang strategis terhadap Legislatif dan Eksekutif. Dan ikut juga untuk mengontrol implementasi kebijakan-kebijakan yang telah dibuat perguruan tinggi dapat berperan dalam hal pengembangan strategi kebudayaan hal tersebut diperlukan guna membangun peradaban dan karakter daerah yang lebih baik.

“Dalam kesempatan hari ini pula dalam rangka mengukur dan meningkatkan indeks inovasi akan diselenggarakan diskusi penguatan inovasi SKPD guna meningkatkan indeks daya saing daerah menuju Cirebon bersama,” katanya.

Sementata itu, Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengatakan, MoU dengan Pemda Kabupaten Cirebon menjadi kesempatan bagi IAIN untuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurutnya, dengan dukungan Pemda, bakal lebih efektif bagi IAIN dalam melaksanakan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!