Iket Benda Ciri Khas Masyarakat Kampung Religi Benda Kerep

Iket Benda Ciri Khas Masyarakat Kampung Religi Benda Kerep

RAKYATCIREBON.ID-Iket Benda Kerep salah satu hasil kerajinan tangan khas kampung reliji di Kota Cirebon. Iket tersebut merupakan ciri khas masyarakat Kampung Religi Benda Kerep.

Bermotif batik dengan kain yang dibuat khusus untuk ikat kepala. Selilas mirip blankon, namun Iket Benda Kerep ini berbeda.

Jika Blankon memiliki sejenis bulatan ke belakang. Iket Benda Kerep ada moncong berbentuk runcing di sebelah kiri atas.

“Ini sudah lama dipakai warga Benda Kerep dan sudah banyak yang jual juga,” kata salah seorang pengrajin Iket Benda Kerep Cirebon Bagus Ridwan, Senin (21/10/2020).

Proses pembuatan iket tersebut masih manual. Kain yang sudah dibentuk menyesuaikan ukuran kepala diberi lem kanji kemudian dijemur di bawah terik matahari.

Bagus menuturkan, Iket Benda Kere konon dibawa oleh tokoh sesepuh kampung setempat bernama Mbah Soleh. Mbah Soleh dari Keraton Kasepuhan Cirebon saat itu diminta untuk membuka padukuhan dan pondok pesantren di Kampung Benda Kerep.

“Nah pas keluar dari Keraton Kasepuhan Mbah Soleh pakai Iket. Di kampung ini akhirnya selain mengajarkan ngaji juga mengajarkan cara membuat iket dan Alhamdulillah sampai sekarang masih banyak yang produksi,” ujar dia.

Di lingkungan Keraton, seseorang yang menggunakan Iket model Benda Kerep ini masuk dalam kategori penghulu atau ulama.

Iket tersebut dilestarikan oleh Mbah Soleh dan masih terjaga sampai sekarang. Bahkan tak hanya dipakai oleh ulama Benda, melainkan masyarakat umum.

“Banyak yang pesan juga saya sampai pernah kirim ke Ciamis,” kata dia.

Iket Benda Kerep ini dibanderol Rp 100 ribu per buah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!