IndoData Sebut Oki-Edo Unggul

IndoData Sebut Oki-Edo Unggul

CIREBON – Lembaga survei Independent, IndoData  merilis hasil surveinya terkait Pilwalkot Cirebon yang dilakukan sejak tanggal 18 hingga 22 Juni.

Sabtu (23/06) malam, akhir pekan lalu, Direktur Executif IndoData, Dani Tri menuturkan bahwa prilaku pemilih yang dijadikan  dari  psikologis, dan rasional.

Survei yang dilakukan IndoData, kata dia, dilakukan dengan menggunakan menggunakan teori Multistage Random Sampling yang melibatkan 600 responden di 5 Kecamatan Kota Cirebon, dengan jumlah margin eror sebesar 4% rata-rata pemilih dipengaruhi oleh sosiologis, psikologis dan rasional.

“Survei yang kami lalukan melibatkan 600 responden di lima kecamatan yang ada,” ungkap Dani.

Pada salahsatu kuisioner yang disodorkan kepada responden, dijelaskan Dani, dengan prosentase 68 persen, masyarakat mengatakan tidak puas dengan kinerja incumbent, dan dengan dasar itu, berdasarkan teori rasional, masyarakat Kota Cirebon saat ini mencari figur baru untuk memimpin Kota Wali.

“Dari hasil survei yang kami lakukan kebanyakan responden menginginkan pemimpin baru untuk Kota Cirebon,” jelas Dani.

Bahkan Indo Data merilis elektabilitas Bamunas Edo mencapai 32,44 persen, sedangkan Nashrudin Azis-Eti Herawati 20,06 persen. Sedangkan yang belum memutuskan pilihan sebanyak 22,72 persen dan masih merahasiakan pilihannya sebesar 24,88 persen.

Dengan keadaan demikian, dikatakan Dani potensi masyarakat untuk memilih golput cukup tinggi setelah dihitung secara real. Terhitung dari hasil survei yang telah dilakukan, potensi golput masyarakat Kota Cirebon ditahun 2018 ini diperkirakan sebesar 50 persen.

“Berdasarkan beberapa pertimbangan dari data yang ada, angka golput untuk ukuran DPT yang tidak terlalu banyak seperti di Kota Cirebon masih terhitung tinggi,” ujar Dani.

Selain itu, Dani juga menuturkan, menjelang detik-detik akhir menuju hari pencoblosan, trend pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon nomor urut satu, Bamunas S Boediman dan Effendi Edo cenderung menguat, dan diprediksikan Pasangan Oke akan unggul.

“Dari prediksi kami, dari hasil survei yang dilakukan, Pasangan Bamunas-Edo ini tren nya terus meningkat, kami perkirakan akan unggul,” tutur Dani. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!