Ini Alasan Anggota Dewan yang Tidak Hadiri Pelantikan HSG

444
Ucap Sumpah
UCAP SUMPAH. Ketua Fraksi Nasdem Pembangunan, Harry Saputra Gani saat ucap sumpah jabatan untuk menduduki posisi wakil ketua DPRD Kota Cirebon, menggantikan Dra Hj Eti Herawati, kemarin.

CIREBON – Munculnya isu yang menyebutkan ada ajakan untuk tidak menghadiri rapat paripurna istimewa dengan agenda pelantikan Harry Saputra Gani (HSG) jadi wakil ketua DPRD Kota Cirebon, dibantah beberapa dari sejumlah wakil rakyat yang tak hadir.

Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG), Andrie Sulistio SE menepis isu miring tersebut. Dia menegaskan, tidak ada satupun anggota dewan yang menghubungi dirinya, lalu mengajak untuk tidak hadir dalam rapat paripurna yang digelar Kamis (3/5) lalu itu.

“Tidak ada ajakan itu. Biasa saja mengalir,” kata Andrie, saat dikonfirmasi melalui sambungan ponselnya, kemarin sore.

Dia menambahkan, ketidakhadirannya di rapat paripurna karena ada keperluan di rumah. Andrie mengatakan, ada tamu dari Jakarta yang datang, sehingga ia tak bisa meninggalkannya. “Ada tamu dari Jakarta. Tidak mungkin saya tinggalkan,” kata dia.

Namun, karena Andrie merupakan teman dekat HSG, maka ia juga mengabari kepada koleganya itu, bahwa ia tak bisa hadir karena ada keperluan. “Saya sudah bilang ke Harry, tidak bisa hadir,” katanya.

Begitu juga dengan Fraksi PAN. Tiga legislatornya tak nampak pada rapat paripurna yang dihadiri juga mantan Wakil Ketua DPRD yang kini Calon Wakil Walikota nomor urut dua, Dra Hj Eti Herawati tersebut. Tapi, alasan ketidakhadiran antara ketua dan dua anggota FPAN berbeda.

“Saya tidak hadir karena ada keperluan. Ada saudara yang nikahan. Jadi tidak bisa ke kantor,” ungkap Anggota FPAN, H Sumardi.

Dia menepis adanya ajakan untuk tidak hadir dalam rapat paripurna tersebut. Bahkan Sumardi mengaku, dirinya dengan ketua FPAN tidak ada komunikasi mengenai rapat paripurna tersebut. “Saya dengan ketua tidak ada telepon atau SMS sama sekali kemarin (Kamis, red),” katanya.

Senada disampaikan Anggota FPAN lainnya, Dra Hj Rd Rossa Lesmana Yanthi MM. Dia mengaku, pada Kamis lalu berada di Garut dan baru perjalanan pulang menuju Cirebon. “Saya kemarin (Kamis, red) di Garut ada keperluan. Pulang ke Cirebon, kebetulan ada rapat partai,” katanya.

Sementara itu, Ketua FPAN, Dani Mardani SH MH mengaku, pihaknya pada Kamis lalu tengah melangsungkan rapat persiapan konsolidasi terkait rencana kehadiran Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan pada 10 Mei mendatang.

“Kemarin (Kamis, red) Fraksi PAN persiapan konsolidasi apel siaga ranting se-Kota Cirebon, sehubungan dengan akan hadirnya ketua umum ke Cirebon, dalam rangka suksesi Pilkada 2018 dan Pileg 2019,” katanya.

Sebelumnya, beredar kabar di kalangan wakil rakyat, ada ajakan dari anggota dewan tertentu kepada beberapa koleganya untuk tidak menghadiri rapat paripurna pelantikan HSG jadi wakil ketua DPRD. Ajakan itu disampaikan melalui sambungan telepon, sehari sebelum rapat paripurna berlangsung.

“Saya juga ditelepon untuk tidak hadir,” ucap Anggota Fraksi PDIP, Imam Yahya SfilI. Tapi sayang, ia tak menyebutkan identitas anggota dewan yang meneleponnya itu. (jri)

BAGIKAN