Instruksinya Tegas, Sukseskan Ayu!

Instruksinya Tegas, Sukseskan Ayu!

*** Kursi Wabup Harus Segera Terisi, Bupati Dua Kali Ditegur Gubernur

RAKYATCIREBON.ID – Pemilihan wakil bupati Cirebon melalui DPRD akan dilakukan 2 Desember mendatang. PDIP selaku tuan hajat, memastikan tetap solid. Dari dua nama yang telah diajukan, Hj Wahyu Tjiptaningsih atau Ayu serta Cunadi, PDIP sudah menginstruksikan kepada anggotanya di DPRD untuk mensukseskan Ayu. Artinya, Ayu yang harus jadi wakil bupati.

Hal itu dikatakan Ketua DPC PDIP yang juga Bupati Cirebon Drs H Imron MAg. Imron mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan agar Ayu yang dimenangkan. Itu juga sesuai dengan rekomendasi DPP PDIP. “Dari DPP juga untuk Ibu Ayu. Kalau pun Cunadi (didaftarkan, red) itu karena aturan dari DPRD mengharuskan untuk dua calon,” terang Imron, kemarin.

Ia mengaku komunikasi politik dengan fraksi-fraksi lain sebenarnya sudah dilakukan. Bahkan, berjalan dengan baik. “Komunikasi lancar-lancar saja. Insya Allah lancar. Dewannya juga baik-baik. Kekosongan ini harus secepatnya diisi. Saya sudah dua kali ditegur gubernur,” kata Imron.

Imron pun menegaskan, komunikasi politik yang dilakukan semata demi kepentingan umat. Bukan kepentingan pribadi. “Saya sudah meminta kepada DPRD ayo bareng-bareng. Untuk mendukungnya (segera gelar pemilihan, red). Tidak usah ribet-ribet. Demi kepentingan umat,” tegasnya.

Proses menuju pemilihan sendiri terus dimatangkan. Panlih bahkan sudah menuntaskan verifikasi faktual atau verfak dokumen dua calon wakil bupati. Berkas milik Ayu dan Cunadi memenuhi syarat. 

Ketua Panlih Wabup Cirebon H Mustofa SH menegaskan proses verfak dua calon wabup tanpa kendala. Pria yang akrab disapa Jimus itu mengatakan tahapan verfak berkas sudah dilakukan. Semua pihak didatangi. Terutama untuk urusan ijazah.

Panlih ke Disdik Kabupaten Cirebon, Disdik Kota Cirebon, termasuk ke Jakarta karena calon atas nama Ayu pernah menempuh pendidikan di Jakarta. “Verifikasi faktual ke Jakarta juga yang menjadi salah satu persyaratan. Sampai dengan hari ini tidak ada kendala,” kata Jimus saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Rabu (18/11).

Sebelum penetapan dan pengundian nomor urut cawabup, pihaknya akan melakukan rapat evaluasi di internal panlih. Saat ini, pihaknya belum bisa menyampaikan apa yang menjadi kekurangan dalam berkas yang harus dipenuhi kedua calon. Kalau pun ada kekurangan, lanjutnya, paling hanya secara administrasi yang hal itu nantinya bisa diminta untuk dilengkapi. “Saya belum bisa menyampaikan apa kekurangan daripada persyaratan secara administrasi tadi. Karena itu nanti terlebih dahulu kita lalukan rapat internal di panlih,” ungkap Jimus. 

Rapat internal di panlih sendiri, kata dia, dijadwalkan pada Jumat (20/11). “Jadi yang jelas sejauh ini proses verfak berkas kedua calon tidak ada kendala. Dan jadwal tahapan di panlih pun masih on the track, berjalan sesuai dengan jadwal sebelumnya,” katanya. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!