Jalan Menuju Venue Asian Games Makin Lebar

370
ATUR LALIN
ATUR LALIN. Sejumlah pekerja dan warga Majalengka tampak mengatur arus lalulintas di dekat proyek pelebaran di kecamatan Jatitujuh. Jalan tersebut merupakan jalur menuju menuju venue Asian Games di bendungan rentang.

MAJALENGKA – Tiga bulan menjelang pelaksanaan Asian Games, jalan menuju venue Asian Games di bendungan rentang kecamatan Jatitujuh diperlebar.

Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) kabupaten Majalengka, Drs H Eman Suherman MM mengatakan, ada dua kewenangan yang menjadi penanggung jawab dalam pelaksanaan Asian Games nanti.

Menurut Eman, kalau pembangunan di venue-nya itu dilaksanakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum. Sedangkan akses jalan yang menuju venue di bendungan rentang, menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten Majalengka, dalam hal ini menjadi kewenangan Dinas BMCK.

“Ini kan hajat besar, otomatis akan menyedot animo masyarakat banyak. Kondisi tersebut mau tidak mau harus ditunjang oleh akses jalan. sehingga jalur tersebut kami perlebar,” ujar Eman ketika dikonfirmasi Rakyat Majalengka, Jumat (4/5).

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Majalengka, Drs Agus Permana MP mengatakan, momen Asian Games untuk cabang olahraga canoe slalom dipastikan digelar di bendungan rentang Jatitujuh, 18 Agustus mendatang.

Menurutnya, penanganan teknis kegiatan hingga pembiayaannya dihandel oleh Indonesia Asian Games Organizing Comitee (Inasgoc). Sehingga, pemerintah daerah tidak mengalokasikan anggaran pada APBD.

Selain itu, kata dia, untuk penyelenggaraan Asian Games, Kabupaten Majalengka patut berbangga. Karena ditunjuk menjadi salah satu kota pendukung Jakarta dalam menggelar salah satu cabang olahraga di Asian Games yakni canoe slalom.

Di Jawa barat, hanya beberap kota saja yang menjadi pendukung Jakarta menggelar asian Games.