Jalur Alternatif Cigasong Rawan Longsor

29
MAJALENGKA – Akibat longsornya jalan Cikijing-Darma pada Jumat (17/2), volume kendaraan dari arah Ciamis dan Tasik yang hendak menuju Kuningan lebih memilih jalur alternatif Majalengka Cikijing via Cigasong.
 Jalur alternatif Cigasong-Cikijing
 Jalur alternatif Cigasong-Cikijing. Foto: Pai/Rakyat Cirebon
Sayangnya kondisi ruas jalur Cikijing-Cigasong juga kurang begitu mulus. Serta terdapat beberapa titik jalan yang rawan longsor. Sehingga, sebagian besar pengendara yang sudah mengetahui kondisi ini memilih untuk tidak memutar ke arah Cigasong. Seperti yang terjadi ketika ruas jalan tersebut sempat putus tahun lalu.
Salah seorang pengendara, Onat Bahtiar menyebutkan jika ketika mendengar ada kabar jalur Cikijing-Darma putus, dia mengira kondisinya akan seperti tahun lalu, dimana ruas jalur Cikijing-Cigasong dipadati oleh kendaraan yang memutar arah. Tapi ternyata ruas jalannya tampak normal. Kendaraan yang melintas masih didominasi oleh kendaraan plat nomor lokal.
“Saya kira dialihkan lagi ke jalur Cikijing-Cigasong. Tapi ternyata jalur di sini masih sepi dan normal. Mungkin karena jalur Cikijing-Cigasong juga kondisinya mengkhawatirkan. Jadi, para pengendara memilih untuk melintas di jalur alternatif terdekat ketimbang memutar,” ujar dia.
Sepanjang jalur Cigasong-Cikijing seperti terpantau kemarin, memang cukup banyak titik jalur yang rawan dan mengkhawatirkan. Selain di titik Desa Wanahayu Kecamatan Maja yang beberapa kali sempat putus. Juga ada beberapa titik lainya yang kondisi kerusakanya cukup parah. Sehingga, hal ini mengharuskan para pengendara ekstra hati-hati ketika melintas.
Di sejumlah titik pun para pekerja juga tampak tengah memperbaiki jalan yang rusak di ruas jalur tersebut. Sehingga, sedikitnya ditemukan tiga hingga empat titik jalan yang diberlakukan sistem buka tutup jalan, yang justru menjadikan waktu tempuh pengendara menjadi lebih lama karena harus terjebak antrean untuk menunggu giliran melintas.
“Jalur Cikijing-Cigasong pun saat ini kondisinya sudah kurang nyaman untuk dilalui,”tambah Euis pengedara lainya.(pai)
BAGIKAN