Jamaah Haji Asal Cirebon dalam Kondisi Aman

7
Satu Jamaah Asal Cempaka Arum Meninggal Dunia karena Sakit

SUMBER – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, memastikan tidak ada jamaah haji yang menjadi korban robohnya crane (alat berat) di Masjidilharam Makkah pada Jumat lalu.  Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon Drs H Abudin MAg, saat dihubungi wartawan koran ini Sabtu (12/9) lalu.

Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, Drs H Abudin MAg. Doc/Rakyat Cirebon


Dikatakan Abudin, pihaknya telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pendamping jamaah di Makkah.  Hasilnya, kata Abudin, sejauh ini tidak ada jamaah haji asal Kabupaten Cirebon yang menjadi korban robohnya crane.
“Kami sudah menerima laporan, kloter 8 yang pada saat kejadian ada di Masjidilharam selamat. Jadi tidak ada korban jiwa dan luka-luka,” tandasnya pada Rakyat Cirebon.

Lebih jauh dikatakan Abudin, sebanyak 1000 jamaah lebih asal Kabupaten Cirebon dalam kondisi aman dan normal. Hanya saja, pada tanggal 8 September lalu, lanjut dia, satu jamaah meninggal dunia di Makkah karena menderita penyakit jantung. Korban yang diketahui berasal dari Cempaka Arum Kecamatan Sumber, sempat dirawat di salah satu rumah sakit di sana.

“Dilihat dari riwayat penyakit korban, memang itu penyakit bawaan dari Indonesia. Jenazah sendiri sudah dimakamkan di sana,” paparnya. Sementara itu, beberapa jamaah lain yang menderita sakit juga kini sedang menjani perawatan tim medis. Kebanyakan dari jamaah mengalami sakit batuk, pilek yang disebabkan oleh cuaca ekstrem.

“Di sana kan cuacanya beda dengan di sini, ya ada beberapa yang sakit. Tapi masih kategori sakit biasa, dan sudah mendapat perawatan medis,” imbuh dia. Diketahui, berdasarkan data dari Kementerian Agama Republik Indonesia, robohnya crane membuat tujuh jamaah haji asal Indonesia meninggal dunia, dan 48 lainnya masih mengalami perawatan intensif di rumah sakit.

Robohnya crane yang menewaskan ratusan jamaah haji dari seluruh dunia, diduga karena badai pasir yang menerjang Arab Saudi. Ratusan jamaah yang masih berada di dalam Masjidilharam usai melaksanakan salat Ashar tertimpa crane tersebut. (ari)

BAGIKAN