Jelang Hari Armada Lanal Cirebon Tabur Bunga, Ini Sejarahnya

83
Prajurit Lanal Cirebon tabur bunga di Makam Pahlawan. Dede

RAKYATCIREBON.ID- Sejarah panjang puluhan tahun pun tercipta sejak awal perang kemerdekaan hingga kini TNI AL terus membangun kekuatan pertahanan laut, hingga kini menjadikan momen 5 Desember sebagai Hari Armada.

Sejarah Hari Armada dimulai pada awal periode perang kemerdekaan. Saat itu, kekuatan Armada masih berupa kapal-kapal kayu dan perahu dengan persenjataan yang sangat sederhana.  Dalam masa penugasan mempertahankan kemerdekaan Armada Rl telah berhasil melaksanakan berbagai operasi di laut.

Keberhasilan Armada RI dalam misi penerobosan blokade laut Belanda. Selain itu ekspedisi lintas laut juga sukses dilakukan dalam rangka pengiriman pejuang kemerdekaan untuk mengobarkan semangat perjuangan di berbagai daerah di luar Pulau Jawa.

Sejak pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI secara bertahap mulai menambah kekuatannya dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda dan pengadaan dari negara-negara lain. Dengan kekuatan yang ada ini, Armada Rl telah berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta. Selanjutnya kekuatan laut sebagai suatu Armada berdasarkan Surat Keputusan Kasal No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959 dikukuhkan menjadi Komando Armada RI dan diresmikan tanggal 5 Desember 1959.

Saat ini, berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRl Nomor : Kep. 171 / III / 1985 tanggal 30 Maret 1985 Armada RI dibagi menjadi dua kawasan wilayah kerja, yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep / 4033 / Xl / 1987/ tanggal 17 Nopember 1987, bahwa hari lahirnya Armada Rl ditetapkan pada tanggal 5 Desember, yang untuk selanjutnya disebut sebagai Hari Armada.

Menjelang peringatan Hari Armada RI Tahun 2019, prajurit Pangkalan TNI AL Cirebon melakukan ziarah ke makam Kapten Samadikun di Taman Makam Pahlawan Kesenden Selasa, (3/12/19).

Upacara tersebut diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, do’a untuk arwah para Pahlawan Kusuma Bangsa serta dilanjutkan dengan Peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah. Penghormatan akhir kepada arwah pahlawan dipimpin pimpinan ziarah, serta penaburan bunga.

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, melalui Palaksa Mayor Laut (KH) Jajat Hidayat mengatakan ziarah ke makam pahlwan masih dalam rangkaian memperingati jelang hari Armada RI tahun 2019 yang diperingati setiap tanggal 5 Desember untuk mengenang jasa – jasa pahlawan untuk Indonesia.

“Ziarah ke makam pahlawan peringati hari Armada, yang di dalamnya terdapat makam Kapten Samadikun,” pungkasnya. (*)

BAGIKAN