Jelang Kongres Amien Rais Vs Zulhas, Voxpol Center Research and Consulting: Pertarungan akan Seru

Jelang Kongres Amien Rais Vs Zulhas, Voxpol Center Research and Consulting: Pertarungan akan Seru

RAKYATCIREBON.ID-Gejolak internal Partai Amanat Nasional (PAN) jelang kongres semakin panas. Peta dukungan terbelah.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto tidak menampik adanya gejolak politik, antara faksi Ketua Umum Zulkifli Hasan dengan Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais. Namun, dia memastikan, setajam apa pun perbedaan pilihan politik, hubungan keduanya tetap baik.

“Ya baiklah (hubungan antara Zul dan Amien), keluarga besar masa nggak baik. PAN itu sudah terlatih untuk pesta kontestasi di internal,” ujar Yandri kepada Rakyat Merdeka.

Aroma persaingan politik di tubuh PAN sudah lama terasa. Misalnya saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN, Sabtu (7/12/2019) di Jakarta. Ketika Amien Rais Pidato, terdengar celetukan dukungan untuk Zulkifli Hasan. “Lanjutkan!” “Lanjutkan!” “Lanjutkan!”

Namun, Amien langsung berkomentar bahwa belum tentu kepemimpinan PAN dilanjutkan oleh Zulhas. “Maaf tidak ada yel, lanjutkan belum tentu ya,” katanya.

Yandri meyakini, kondisi PAN saat ini baik-baik saja. Sekalipun beda dukungan dalam berpolitik, hubungan kekeluargaan di internal tetap terjaga. Tidak hanya hubungan Zulhas dengan Amien, tapi dengan seluruh kandidat.

“Kalau ada siapa dukung siapa itu biasa. Justru kita berterima kasih ada kader yang mau berkhidmat menjadi ketua umum. Jadi kalau ada si A mendukung si B itu biasa, ini kontestasi keluarga. Insya Allah tidak akan merusak kekeluargaan. Insya Allah tidak akan merusak pertemanan. Apalagi ada hubungan keluarga, ini tidak akan merusak,” tegas Yandri.

Yandri menyebut, siapa pun yang ingin maju sebagai Ketum PAN, bukanlah kehendak pribadi semata. Melainkan, keinginan kader-kader PAN. Misalnya, Zulhas. Dia menyebut, Ketum PAN itu memang dikenal dekat dengan kader.

“Selama ini, Bang Zulhas selalu silaturahmilah. Ada yang ke Sumbar, ada yang ke Aceh, ada yang ke Pulau Kalimantan dan itu bukan sekarang saja. Dari dulu, Bang Zulhas hobi menyapa para kader di tingkat DPW dan DPD. Bukan karena kongres aja. Dari silaturahmi dan komunikasi yang baik itu, makanya mereka meminta kembali jadi ketua umum,” katanya.

Sebelumnya, Amien mendukung putra sulungnya, Ahmad Hanafi Rais, yang akan diduetkan dengan Mulfachri Harahap. “Kongres PAN yang saya lihat di petanya itu ada 3, maksimal 4. Jadi pertama duet Mulfachri Harahap dan Hanafi Rais. Singkatannya MH, mewujudkan harapan,” kata Amien, kepada wartawan di Rakerwil DPW PAN Jatim, di Surabaya, dua hari lalu.

Pemetaan Amien ini seolah mengkonfirmasi prediksi pertarungan politik antara klan Amien Rais dengan pertahana Zulhas. Amien versus Zulhas, menjadi dua corong besar di Kongres PAN, yang akan digelar paling lambat Maret 2020.

Salah satu pendiri PAN itu juga mengamini, Kongres PAN kali ini akan menarik. Zulhas, sebagai pertahana diamininya kembali maju untuk periode kedua.

Sejumlah nama pentolan PAN juga disebutkan meramaikan bursa calon ketua umum PAN. Yaitu, eks Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur serta ekonom INDEF Dradjad Wibowo.

Pengamat Politik Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago, memprediksi pertarungan Zulhas dengan Amien Rais akan seru. Keduanya sama kuat.  Baginya, Amien Rais masih menjadi marwah politik PAN.

“Saat ini, elite sentralnya ada pada Pak Amien Rais. Ceritanya berbeda, jika Zulhas mendapatkan dukungan dari Amien Rais,” ujar Pangi kepada Rakyat Merdeka.

Pangi melihat, gejolak politik akan terjadi di Kongres PAN nanti. Pasalnya, sejumlah daerah sudah memberikan sinyal-sinyal akan berpihak ke siapa. Namun, sinyal-sinyal itu dia ibaratkan seperti iklim cuaca. Bisa berubah. Tidak bisa dipegang.

“Kadang-kadang, pengurus tidak bisa dipegang juga. Saat injury time, kongres bisa berubah juga, semudah itu. Kita bayangkan juga klaim sekarang oke, tapi cuaca politiknya bisa berubah secara ekstrim juga. Itu yang terjadi selama ini,” tutupnya. (rmco)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!