Jumlah Testing dan Suspect Covid-19 Semakin Turun, Ini Penjelasan Satuan Tugas Covid-19

Jumlah Testing dan Suspect Covid-19 Semakin Turun, Ini Penjelasan Satuan Tugas Covid-19

RAKYATCIREBON.ID-Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Wiku Adisasmito menjelaskan terkait jumlah testing dan jumlah suspect Covid-19 yang mengalami penurunan.

Wiku mengakui terjadinya tren penurunan angka testing dan pemeriksaan spesimen Covid-19 setiap akhir pekan atau libur panjang.

“Menurut analisis data, terjadi tren penurunan testing setiap akhir minggu ataupun saat libur panjang,” kata Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan pers secara virtual, Selasa (3/11/2020).

Kondisi tersebut merupakan salah satu tantangan yang sedang Satgas Covid-19 selesaikan. Mengingat virus corona tidak pernah libur untuk menyerang masyarakat. Karena itu, Satgas Covid-19 harus bisa mengantisipasi momen weekend atau libur panjang kedepannya.

“Misalnya melalui operasional laboratorium, melalui penambahan shift kerja laboratorium, dengan pertimbangan intensif yang memadai,” ujar Wiku Adisasmito.

Satgas Covid-19, lanjut Wiku, juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas laboratorium dan fasilitas pendukung lainnya seperti reagen.

“Namun demikian terdapat beberapa kendala yang dihadapi seperti wilayah testing yang tersebar luas, jumlah masyarakat jumlah yang harus di testing. Oleh karena itu kami meminta peran aktif dari masyarakat dalam mendukung upaya testing yang dilakukan oleh pemerintah,” terang Wiku Adisasmito.

Pada prinsipnya, tambah Wiku, Satgas Covid-19 terus mendorong pemerintah daerah untuk melakukan testing secara maksimal dan menyeluruh. Sebagai upaya deteksi dini terhadap kasus positif Covid-19 di daerahnya masing-masing. “Selain itu perlu adanya evaluasi terhadap operasional Laboratorium,” tukas Wiku Adisasmito. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!