KA Kaligung Perpanjang Rute Semarang-Cirebon

30
Pengguna jasa saat menaiki Kereta Kaligung, Minggu (1/12). PT KAI memperpanjang relasi KA Kaligung dari semula Semarang Poncol-Brebes, mulai tanggal 1 Desember 2019 menjadi Semarang Poncol-Cirebon Prujakan. (ANTARA/Khaerul Izan)

RAKYATCIREBON.ID-Masyarakat sekitar Kota Cirebon, Jawa Barat, antusias dengan hadirnya kereta api (KA) Kaligung relasi Stasiun Cirebon Prujakan sampai Semarang Poncol, karena harga tiket menjadi terjangkau.

Seperti dikatakan pengguna jasa Agi di Cirebon, Minggu, mengatakan dengan adanya KA Kaligung di Stasiun Cirebon Prujakan tentu sangat senang, karena biaya perjalanan semakin murah.

“Sebelum ada kereta Kaligung, saya menggunakan KA Ciremai tiketnya kan lumayan mahal,” kata Agi yang merupakan mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi di Semarang.

Agi mengatakan dengan hadirnya KA Kaligung bisa memberikan pilihan transportasi murah untuk ke Semarang maupun sebaliknya.

Sementara warga lain Mukmin, mengatakan hal yang senada dengan diperpanjangnya KA Kaligung sampai ke Stasiun Cirebon Prujakan, karena ada pilihan tiket yang lebih murah.

“Tiketnya murah sampai Semarang hanya Rp70 ribu, jadi sangat membantu,” katanya.

Deputi VP PT KAI Daop 3 Cirebon Raden Agus Dwinanto mengatakan dalam Gapeka 2019, KA Kaligung merupakan salah satu KA yang diperpanjang relasinya. Di mana pada Gapeka sebelumnya, KA Kaligung melayani penumpang dengan relasi Semarang Poncol-Brebes PP.

“Terhitung mulai Minggu (1/12), KA Kaligung diperpanjang relasinya menjadi Semarang Poncol-Cirebon Prujakan PP,” katanya.  Rangkaian KA Kaligung kata Agus, menggunakan kereta dengan kelas ‘ekonomi new image’, di mana para pengguna jasa akan merasakan kenyamanan yang nyaris sama dengan penumpang kereta api kelas eksekutif.

Adapun fasilitas yang diberikan di antaranya bagian interior kereta nyaris tidak ada yang berbeda antara kereta kelas ekonomi dengan eksekutif, kabin bagasi penumpang yang didesain mirip bagasi kelas eksekutif.

Setiap kereta juga dilengkapi fasilitas televisi sebanyak dua buah tv led yang terletak di bagian tengah kereta, serta tempat duduk yang di desain dengan konfigurasi 2-2 dan dilengkapi fasilitas colokan listrik untuk aktivitas elektronik.

“Bentuk kursi pada kelas ekonomi new image terbuat dari bahan sofa dengan sandaran tidak 90 derajat. Jumlah kursi pada setiap keretanya berkapasitas 80 penumpang, sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman dengan menggunakan kereta Kaligung ini,” ujarnya. (Antara)

BAGIKAN