KAMMI Kuningan Galang Dana untuk Korban Asap

50
KUNINGAN – Bencana kabut asap melanda Sumatera dan Kalimantan, berdampak pada kerugian besar bagi lingkungan, kesehatan, pendidikan dan kelangsungan hidup masyarakat setempat.

kammi kuningan
KAMMI Kuningan. Foto : Alehandro Malik/Rakyat Cirebon

Menyikapi hal itu, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kuningan menggelar galang dana aksi peduli bencana riau di bunderan lampu merah Cijoho, Jumat (9/10).

Dari pantauan di lapangan, dalam aksinya itu puluhan mahasiswa membawa Sejumlah alat peraga seperti kertas karton bertuliskan Pak Presiden. Kalau tak bisa Matikan Asap Kirimkan Kami Uang untuk ke Dokter, Masyarakat Kuningan Peduli Asap Riau #Save Riau, Asap bukan Azab dari Tuhan Tapi ulah Penguasa dan Pengusaha.

Dibawa sejumlah kader sekaligus dengan menyebarkan brosur peduli asap Riau lengkap dengan kotak kosong untuk menggalang dana.“Atas instruksi KAMMI pusat, kader KAMMI di Kuningan menggelar aksi galang dana sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana asap yang melanda masyarakat di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban mereka,” kata Ketua Ketua KAMMI Kuningan, Dani Fitriyadi kepada Rakyat Cirebon usai menggelar aksi peduli kabut asap Riau.

Menurutnya, aksi galang dana sebagai bentuk keprihatinan terhadap warga yang berada di Kalimantan dan Sumatera, akibat terkena bencana kebakaran hutan.  Sehingga, asap yang ditimbulkan sangat mengganggu aktivitas warga.

“Bahkan, akibat bencana asap itu ada yang sampai meninggal. KAMMI menuntut agar pemerintah pusat untuk menangani bencana asap itu. Sebab, bencana asap ini sudah menjadi bencana nasional,” tandas Ketua KAMMI, Dani yang memiliki kader di sejumlah kampus seperti Uniku, Unisa, Khusnul Khotimah dan STKIP Muhamadiyah.

Selain itu, pihaknya menyebutkan bahwa negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand tak luput terkena dampak musibah kabut asap tersebut. Karena itu, KAMMI mendesak pemerintah pusat untuk bersikap tegas dan serius dalam menangani bencana kabut asap tersebut. “KAMMI juga mendesak pemerintah pusat mengerahkan segala usaha yang diperlukan untuk mengatasi bencana kabut asap, termasuk dampak yang ditimbulkan,” tandasnya.(ale)

BAGIKAN