Kecanggihan Teknologi Jangan Jadikan Persaudaraan Malah Luntur

Kecanggihan Teknologi Jangan Jadikan Persaudaraan Malah Luntur

Tidak langsung memberikan reaksi, dan berdialog, dianggap langkah yang bisa mencegah terjadinya perpecahan akibat berita-berita hoax yang tersebar di media sosial.

KEPALA Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cirebon, Zaenal Abidin mengingatkan, pemberitaan maupun informasi hoax, bisa banyak ditemukan di alat genggam smartphone. Baik melaui WhatsApp (WA), maupun dalam media sosial (Medsos).

Tetapi, menurut Zaenal Abidin, mestinya, masyarakat tidak cepat mengambil sikap, apalagi ikut menyebarkannya  sebelum ada titik kebenarannya. Makanya diperlukan dialog. Terlebih momentum tahun politik, yang kerap kali mengeksploitasi berita hoax, melakukan fitnah sana dan sini.

Selain itu, Zaenal Abidin pun mengharapkan masyarakat bisa lebih bijak dan lebih cerdik dalam menentukan reaksi. “Jangan mudah terpengaruh, oleh berita hoax yang kita terima melalui berita di WA,” kata dia, di hadapan peserta Kemah Pemuda Cinta Tanah Air, DPD LDII Kabupaten Cirebon, Senin (9/7).

Selain itu, menurut Zaenal Abidin, keberagaman yang sudah  ada, semestinya bisa menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa. Atas dasar itu masyarakat bisa akan lebih arif dan bisa menerima berbagai perbedaan, baik pandangan politik, maupun pandangan lainnya. “Bisa menerima perbedaan, beda-beda pendapat lumrah adanya,” ucapnya.

Sementara, Asisten Daerah (Asda) I Benny, mengaku khawatir, dengan persoalan akhir-akhir ini yang muncul. Kecanggihan tekhnologi mestinya tidak menjadikan ukhuwah antar sesama manusia meluntur. Terlebih ketika menemukan adanya persoalan. “Yang dikhawatirkan lagi hubungan hablum minan nas, atau hubungan antar sesama manusia itu dianggap cukup diselesaikan dengan WA. Itu yang kita khawatirkan.  Karenanya Pemerintah Kabupaten Cirebon sedang berusaha untuk bisa meminimalisirnya,” ucapnya.

Usai dilaksanakan Pilkada di Kabupaten Cirebon, ia pun sampaikan terimakasih kepada masyarakat telah ikut serta memberikan hak suaranya dengan tetap menjaga kondusifitas daerah masing-masing.  Kendatipun  gesekan-gesekan dilapangan dipastikan ada, yang dapat menimbulkan persoalan, tetapi ia mengharapkan semua itu tidak sampai jauh berkepanjangan. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!