Kekurangan Stok Darah Golongan A, PMI Kota Cirebon: Sejak Car Free Day Ditutup

34
Kepala UDD PMI Kota Cirebon Asep Munandar. (Dede/pojokjabar)

RAKYATCIREBON.ID-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon, kekurangan stok darah golongan A sejak dua minggu terakhir.

Kepala UDD PMI Kota Cirebon Asep Munandar mengatakan, permintaan yang tinggi untuk stok darah golongan A, membuat stok di PMI Kota Cirebon kian menipis, tidak hanya di Kota Cirebon, kelangkaan stok darah golongan A juga terjadi di Majalengka, Kuningan dan Indramayu.

“Sudah dua minggu ini stok darah golongan A sangat langka, kami sudah kontak PMI daerah lain, yang masih punya stok darah golongan A. Bahkan kemarin ada dari Tegal juga mencari stok golongan A, tapi gak ada, disini aja susah mencari stok,” kata Asep Senin (13/1/2020)

Asep menambahkan, untuk stok golongan darah lainnya, seperti B, AB dan O stok masih aman, hanya golongan A saja yang sangat ini tidak ada stok, sementara di beberapa RS serta pelayanan kesehatan lainnya, sangat membutuhkan golongan darah A.

“Sementara ini masih mencari di daerah lain dulu, untuk stok golongan A,” ujar Asep

Asep berharap masyarakat yang memiliki golongan darah A, dan dalam keadaan sehat, mau mendonorkan darahnya, untuk memenuhi kebutuhan stok darah golongan A.

Asep juga mengaku, semenjak Car Free Day (CFD) di jalan Siliwangi Kota Cirebon di tutup, pihaknya banyak kehilangan stok darah. Karena saat CFD berlangsung, masyarakat yang sedang berolahraga biasanya ikut mendonorkan darah, karena tim PMI selalu stand by di lokasi CFD.

“Agak kerasa juga, dulu saat masih ada CFD, masyarakat berkumpul dan mau mendonorkan darahnya, kalau CFD bisa mendapat 100 labu darah, saat CFD di tutup sehari hanya 50 labu darah dari berbagai golongan darah,” pungkasnya. (pojokjabar)

BAGIKAN