Kerugian Ditaksir Capai Rp5 Miliar

12
Bupati Sebut Penanganan Sepenuhnya di Pihak Pemdes

BUPATI Kabupaten Cirebon Drs H Sunjaya Purwadisastra MM MSi mengatakan, penanganan pasca-kebakaran Pasar Jungjang Arjawinangun sepenuhnya ada pada pihak Pemerintah Desa Jungjang.

bupati cirebon sunjaya
Bupati Sunjaya saat meninjau pasar di desa Jungjang. Foto : Casmudi/Rakyat Cirebon

Pasalnya, pengelolaan pasar tersebut masih ada di tangan pemerintah desa dan belum diserahkan kepada pemerintah daerah. Hal itu, kata Sunjaya, berbeda dengan Pasar Sumber yang juga mengalami kebakaran beberapa waktu yang lalu, dimana pengelolaannya sudah diberikan dan menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Sehingga, tanggung jawab penangulangan pasca-kebakaran juga ada di tangan pemda.  “Berhubung Pasar Jungjang kewenangannya masih berada di tangan desa maka penanganan setelah musibah ini juga ada di tangan pemerintah desa, berbeda dengan Pasar Sumber,” kata Sunjaya kepada Rakyat Cirebon saat meninjau pasar Jungjang, kemarin.

Sunjaya menyarankan pihak desa segera mendiskusikan penanganan pasca-kebakaran dengan pihak ketiga atau swasta.  Pembangunan pasar yang baru, menurutnya, bisa dibiayai oleh pihak investor, termasuk pembangunan pasar daruratnya. Meski demkian, ia mengaku tetap akan memberikan bantuan kepada pada korban kebakaran.

Sementara itu, Pejabat Kuwu Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun, H Agustian mengungkapkan, kerugian dari seluruh kios yang terbakar ditaksir hingga mencapai kurang lebih Rp5 miliar.

Dikatakan Agustian, dirinya belum mengetahui persis apa penyebab pasti terjadinya kebakaran yang menimpa Pasar Desa Jungjang tersebut karena  saat ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

“Kalau kerugianya ditaksir mencapai Rp5 miliar, kalau penyebabya kami juga belum mengetahui pasti,” tukasnya. (caz/mgg)

BAGIKAN