Kesadaran Masyarakat Kunci New Normal

Kesadaran Masyarakat Kunci New Normal

RAKYATCIREBON.ID-Daerah Kabupaten Cirebon saat ini masuk zona kuning dalam peta perkembangan Covid-19 yang dirilis Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Beberapa sektor dipastikan sudah bisa beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Disampaikan Sekretaris sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, H Daud Achmad perkembangan di Kabupaten Cirebon sudah bagus. Oleh karena itu, perekonomian sudah bisa dibuka meskipun belum secara penuh.

“Dilihat dari provinsi, Kabupaten Cirebon ini bagus, masuk kedaam level 3 atau zona kuning. Sehingga, perkonomian bisa berjalan 60 persen. Tetapi, kerumunan masih belum boleh. Semoga kedepannya Kabupaten Cirebon lebih baik lagi perkembangannya,” ujar Daud, Rabu (27/5) di Kantor Bupati Cirebon.

Disinggung mengenai penerapan new normal di Kabupaten Cirebon, Daud menegaskan hal tersebut dikembalikan ke pemerintah daerah. Hanya saja, dia menitikberatkan pada kesadaran masyarakat untuk memperhatikan aspek kesehatannya.

“New normal itu tergantung kesadaran masyarakat, karena covid ini barang baru. Artinnya perlu komitmen bersama, perlu kesadaran seluruh masyarakat untuk bisa masing-masing melakukan pola hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan sering, pakai masker, jaga jarak. Efektif kalau ada kesadaran dan kita merasa sebagai orang tanpa gejala, artinya kita akan menjaga jarak dengan orang lain, karena menganggap sebagai pembawa virus,” tambahnya.

Terkait aktifitas pendidikan, Daud menegaskan Pemprov Jawa Barat akan menunggu terlebih dahulu aturan dari pemerintah pusat. Dengan demikian, belum ada kebijakan dimulainya aktifitas pendidikan dalam waktu dekat.

“Untuk aktivitas sekolah, kita lihat seperti apa. Provinsi kan menerapkan aturan dari pusat dan tentunya kita akan melihat kebijakan pusat seperti apa,” tutupnya.(yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!