Kesiapan OKL 2018 Pastikan Pengamanan Musim Mudik

452
READY
READY. Polres Indramayu melakukan memastikan kesiapan kendaran dan sarana prasarana pengamanan arus mudik-balik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

INDRAMAYU – Apel Kesiapan Operasi Ketupat Lodaya (OKL) tahun 2018 digelar Kepolisian Resor Indramayu pada Sabtu (26/5) kemarin. Sarana dan prasarana, serta kendaraan dinas dipastikan untuk kepentingan pengamanan selama arus mudik maupun balik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Pada apel kesiapan itu, dilakukan pula pengecekan kelengkapan rambu-rambu dan petunjuk arah. Juga kendaraan patroli, baik roda empat maupun roda dua. Dari hasil pengecekan, dua mobil patroli didapati kondisinya perlu dilakukan perbaikan karena mengalami kerusakan pada rotator, sirine, dan pengeras suara. “Ada dua unit mobil patroli yang kelengkapan harus segera diperbaiki,” jelas Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin.

Disampaikan, demi kenyamanan berlalu lintas selama musim mudik dan balik lebaran nanti, pihknya telah menyiapkan 250 rambu-rambu yang akan dipasang di sepanjang jalur pantura dan jalan tol. Hal ini untuk memudahkan pemudik saat melintas dan menekan terjadinya bahaya kecelakaan.

“Yang pasti Polres Indramayu sudah siap melaksanakan Operasi Ketupat Lodaya 2018. Baik dari sisi SDM, anggaran, dan sarana prasarana. Kita sudah lakukan juga pengecekan kendaraan-kendaraan yang nanti akan dioperasikan selama pengamanan. Papan petunjuk arah sangat lengkap,” paparnya.

Selain itu, selama kegiatan kemanusiaan tersebut disiapkan pula 43 pos pengamanan dan pengaturan. Bahkan ada posko kesehatan dan rest area yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik dengan berbagai fasilitasnya. Sehingga pemudik bisa memulihkan stamina dan kesehatannya setelah menempuh perjalanan jauh, tidak perlu memaksakan diri untuk cepat sampai di tempat tujuan.

Sementara itu, untuk keselamatan dan kelancaran lalu lintas pula, dipastikan akan dilakukan penutupan ratusan putaran arah (u-turn) di sepanjang jalur utama pantura. Adapun penutupannya menggunakan pagar bambu dan beton. (tar)