Ketua DPRD Bela Direksi PD Pasar

11
Pasar Jagasatru Bakal Jadi Kado HUT ke-646 Kota Cirebon

LEMAHWUNGKUK– Tidak hanya dihujani kritik terkait proses revitalisasi dan pengelolaan Pasar Jagasatru, PD Pasar juga mendapat pembelaan. Ketua DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno SIP MSi membela PD Pasar terkait proses revitalisasi.

edi suripno pdip kota cirebon
Edi Suripno SIP MSi. Foto : Nurul Fajri/Rakyat Cirebon

“Jadi memang yang membangun itu investor yang bekerjasama dengan bank dan nanti yang mengelola tetap PD Pasar,” ungkap Edi, saat ditemui Rakyat Cirebon di alun-alun Kasepuhan, kemarin. Sesaat sebelumnya Edi bersama direksi PD Pasar meninjau Pasar Jagasatru.

Politisi PDI Perjuangan itu mengapresiasi progres pembangunan Pasar Jagasatru. Menurutnya, proses pembangunan sudah hampir selesai.
Hal itu menunjukkan, dalam waktu dekat, Pasar Jagasatru sudah bisa ditempati pedagang. “Tinggal finishing saja,” katanya.

Bahkan, lanjut Edi, direksi PD Pasar menargetkan untuk peresmian Pasar Jagasatru dilakukan masih dalam suasana peringatan hari jadi ke-646 Kota Cirebon. “Katanya mau diresmikan di rangkaian acara hari jadi Kota Cirebon,” katanya.

Sementara itu, PD Pasar menegaskan tidak pernah menyerahkan pengelolaan Pasar Jagasatru ke pihak investor.“Kalau dikiranya PD Pasar menyerahkan pengelolaan sepenuhnya Pasar Jagasatru ke investor, itu salah besar itu. Yang mengelola tetap PD Pasar,” kata Direktur Operasional PD Pasar Kota Cirebon, H Didi Mahdi.

Pihaknya menegaskan, berdasarkan perjanjian dengan pihak investor, terkait pengelolaan Pasar Jagasatru diserahkan kepada PD Pasar. “Pengelolaan menjadi hak mutlak PD Pasar, bukan investor. Dan kita tidak pernah menyerahkan hak pengelolaan kepada investor,” katanya.

Termasuk pada tahapan awal rencana pembangunan, kata Didi, pihaknya tidak pernah mengintervensi pedagang. Revitalisasi Pasar Jagasatru, lanjut Didi, merupakan kesepakatan dari pedagang pasar setempat.“PD Pasar tidak pernah mengintervensi. Itu hasil kesepakatan bersama, dari pedagang, oleh pedagang dan untuk pedagang, dari proses awal sampai matang,” kata dia.

Setelah disepakati konsep revitalisasi, termasuk investor yang ditunjuk, pembangunan dilakukan. Setelah selesai pembangunan, maka investor menyerahkan pengelolaan kepada PD Pasar. “Kita pakainya sistem bangun, serah, kelola. Dibangun oleh investor, kemudian diserahkan ke kita dan dikelola oleh kita,” katanya.

Ia mengatakan, peresmian Pasar Jagasatru juga akan dilakukan dalam waktu dekat, masih dalam rangkaian peringatan hari jadi Kota Cirebon. “Kita persembahkan Pasar Jagasatru sebagai hadiah ulang tahun Kota Cirebon,” katanya. (jri)

BAGIKAN