Kian Progresif, FUAD IAIN Cirebon Teken MoU dengan FDIKOM UIN Jakarta

Kian Progresif, FUAD IAIN Cirebon Teken MoU dengan FDIKOM UIN Jakarta

RAKYATCIREBON.ID – Upaya pengembangan kelembagaan dan kapasitas SDM terus dilakukan Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Salah satunya dengan bekerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Syahid Hidayatullah Jakarta yang ditandai dengan teken MoU antar keduanya, belum lama ini. 

Kerja sama tersebut merupakan buah manis dari pembicaraan pimpinan kedua fakultas dalam salah satu forum dekan. Dalam MoU tersebut, kedua fakultas sepakat saling membantu dalam hal penguatan kapasitas kelembagaan dan tridharma perguruan tinggi, penelitian dan pengembangan Prodi Komunikasih dan Penyiaran Islam serta pelatihan dan peningkatan mutu SDM.

Dekan FDIKOM UIN Jakarta, Suparto MEd PhD mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama dengan FUAD IAIN Cirebon. Sama-sama berasal dari PTKIN, diakui Suparto baik FDIKOM maupun FUAD punya misi yang sama dalam dakwah Islam moderat. Sebab itu, sangat tepat upaya MoU kedua fakultas tersebut. 

“FDIKOM memiliki 7 prodi, yaitu prodi KPI, BPI, MD, PMI, Kesos, Jurnalistik dan KPI S2, mahasiswa FDIKOM berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia bahkan ada yang dari luar negeri, seperti Malaysia, Turki dan Thailand. Juga alumninya sudah menyebar di berbagai profesi,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon. 

Sementara Dekan FUAD IAIN Cirebon, Dr Hajam MAg mengtakan,  tujuan diadakan penandatangan MoU tersebut antara lain bersifat akademik untuk pengembangan program studi yang ada di FUAD.

“Dipilihnya Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dikarenakan FDIKOM sebagai kampus yang sudah lama berdiri dan cukup mapan di tataran fakultas dakwah PTKIN,” tukas dia.

Dengan kerja sama tersebut, diharapkan FUAD IAIN Cirebon dan FDIKOM UIN Jakarta saling mengambil manfaat akademik. FUAD punya kekhasan pada kajian lokalitas, naskah klasik dan budaya. Sementara FDIKOM sangat mempuni dalam hal metodologi penelitian, integerasi ilmu dan budaya akademik modern. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!